Supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi'at Klego Ponorogo

Romdhoni, Ma'ruf (2021) Supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi'at Klego Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS MA'RUF ROMDHONI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTR
AK
Ma’ruf Rhomdhoni. 2020. Supervisi Kepala Madrasah
dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di
Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiien. Tesis.
Program Studi Manajemen Pendidikan Agama
Islam. Program Pascasarjana Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.
Iswahyudi. M.Ag.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh supervisi kapala
madrasah
dengan adanya permasalahan dalam
profesionalisme guru. guru merupakan komponen
pendidikan yang utama dan berinteraksi langsung dengan
siswa Guru harus memiliki kesadaran untuk memenuhi
kompetensi, standar kualifikasi, dan kriteria sebagai guru
profesional. Permasalahan penelitian ini dirumuskan
sebagai berikut : 1) Bagaimana kedudukan kepala madrasah
sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionaisme
guru di madrasah diniyah Hidayatul Mubtadiien
Klego?2) bagaimana penerapan supervisi kepala madrasah
dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiien Klego?, 3) bagaimana
faktor-faktor yang mempengaruhi supervisi kepala
madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru
di
madrasah diniyah Hidayatul Mubtadiien Klego?. Jenis
penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa:Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Profesionalisme Guru di madrasah diniyah
hidayatul mubtadiien klego dilakukan sesuai dengan tahap￾tahap supervisi, mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan,
Evaluasi Hasil Supervisi, kemudian Tindak Lanjut, faktor
penghambat diantaranya , persiapan mengajar masih kurang,
media dalam pembelajaran masih kurang, dan kepala
madrasah banyak melakukan kegiatan diluar sehingga
kurangnya pengawasan dalam meningkatkan profesionalisme
guru di madrasah diniyah hidayatul mubtadiien.
Kata Kunci : supervisi, profesionlisme guru,
peran kepala madrasah

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:09
Last Modified: 07 Jun 2021 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15465

Actions (login required)

View Item View Item