Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MIN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Munawaroh, Syahrotul (2021) Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di MIN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617070_SYAHROTUL_MUNAWAROH_PGMI[1].pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Munawaroh, Syahrotul,2021. Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Fasilitator, Motivator, Pembimbing, Motivasi Belajar
Motivasi belajar merupakan kondisi yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorong pergerakan kearah tujuan yang baik, serta mengubah tingkah laku agar keinginannya dapat tercapai. Motivasi belajar dipengaruhi oleh cita-cita atau asipirasi yang terdapat dalam diri seseorang, kemampuan seseorang,kondisi seseorang, dan kondisi lingkungan seseorang. Kondisi lingkungan tidak lepas dari keluarga yaitu orang tua. Peran orang tua merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan pada anak yaitu orang tua membimbing serta memberikenyamanan dan kasih sayang kepada anak.Sama halnya motivasi belajar siswa MIN 2 Ponorogo dipengaruhi oleh peran orang tua. Apabila peran orang tua baik, maka motivasi belajar siswa baik. Apabila peran orang tua kurang maka motivasi belajar siswa kurang baik. Peran orang orang tua dan motivasi belajar dua hal yang berpengaruh satu sama lain, untuk mencapai hasil belajar yang baik anak perlu adanya motivasi dari orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peran orang tua siswa kelas V MIN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh peran orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V MIN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendetakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 52 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil analisis data pada siswa kelas V MIN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 tentang Peran Orang Tua, menunjukkan bahwa peran orang tua dalam kategori sedang, yaitu peran orang tua sebanyak 40 siswa sebesar (76.923%), (2) Hasil analisis data pada siswa kelas V MIN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 tentang motivasi belajar sebanyak 32 siswa sebesar (61.538%) dalam kategori sedang. (3) ada pengaruh yang signifikan antara peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MIN 2 Ponorogo tahun ajaran 2020/2021, yaitu Fhitung sebesar 35.56006, Ftabel 4.03, sehingga Ho ditolak. Sedangkan besar koefisien determinasi R2 sebesar 41.56152%.Sisanya sebesar 58.43848% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga peran orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:14
Last Modified: 07 Jun 2021 03:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15463

Actions (login required)

View Item View Item