..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Hubungan Pemberian Motivasi dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas V dalam Kegiatan BDR di SDN 2 Tugurejo Kecamatan Slahung

Afifah, Fitri Nur (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Hubungan Pemberian Motivasi dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas V dalam Kegiatan BDR di SDN 2 Tugurejo Kecamatan Slahung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI THESIS FITRI NUR AFIFAH 210617093 PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pendidikan ketertiban sangat penting agar tujuan belajar dapat tercapai
dengan baik, salah satu nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa tersebut ialah disiplin.
Disiplin memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Disiplin dapat
mendorong belajar secara konkret dalam praktik hidup di sekolah dan melakukan hal-hal positif
serta menjauhi perilaku negatif, disiplin belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu eksternal
dan internal. Disiplin belajar siswa pada kegiatan pembelajaran dari rumah di era pandemi Covid-
19 di SDN 2 Tugurejo sangatlah menurun dikarenakan siswa tidak dikontrol dari sekolahan
ataupun guru tidak begitu mengetahui keatifkan siswa dalam belajar. Penyebab siswa kelas V di
SDN 2 Tugurejo masih mengalami kelemahan dalam hal disiplin belajar diantaranya menurut
walikelas kurangnya pendampingan atau bimbingan (pola asuh orang tua) dan kurangnya
pemberian motivasi ke anak selama kegiatan dilaksanakan dari rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara pemberian motivasi
terhadap disiplin belajar siswa kelas V dalam kegiatan BDR di SDN 2 Tugurejo, (2) mengetahui
hubungan antara pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar siswa kelas V dalam kegiatan BDR
di SDN 2 Tugurejo , dan (3) mengetahui tingkat hubungan pemberian motivasi terhadap pola asuh
orang tua secara bersama-sama terhadap disiplin belajar siswa dalam kegiatan belajar dari rumah
di SDN 2 Tugurejo Kecamatan Slahung.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto yang dilaksanakan di SDN 2
Tugurejo. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel populasi dengan jumlah 22 siswa.
Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Terdapat hubungan
yang signifikan antara pemberian motivasi dan disiplin belajar pada kegiatan BDR di SDN 2
Tugurejo Kecamatan Slahung dengan koefisien korelasi sebesar 0,605 yang memiliki hubungan
yang kuat terhadap disiplin belajar siswa kelas V SDN 2 Tugurejo, 2) Terdapat hubungan yang
signifikan antara pola asuh orang tua motivasi dan disiplin belajar pada BDR di SDN 2 Tugurejo
Kecamatan Slahung dengan koefisien korelasi sebesar 0,701 yang memiliki hubungan yang kuat
terhadap disiplin belajar siswa kelas V SDN 2 Tugurejo, 3) Secara bersama-sama terdapat
hubungan yang signifikan pemberian motivasi dan pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar
dengan nilai Fchange sebesar 0,000 yang memiliki arti bahwa Fchange kurang dari 0,05, maka H0
ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk tingkat hubungan sebesar 0,767 yang memiliki arti kuat,
dengan kualitas setiap variabel bebas berada pada kriteria sedang yaitu pemberian motivasi
memperoleh rata-rata sebesar 65,36 dan pola asuh orang tua sebesar 90,45.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anif Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:07
Last Modified: 07 Jun 2021 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15448

Actions (login required)

View Item View Item