Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Plalangan Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Al-Mahalliy, Ramdhani Muhammad Huseyn (2021) Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Plalangan Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RAMDHANI_210317312.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al-Mahalliy, Ramdhani. 2021. Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Plalangan Jenangan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag

Kata Kunci : Kedisiplinan, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar.

Hasil belajar merupakan tolak ukur sejauh mana pemahaman murid terkait materi pembelajaran yang sudah diajarkan oleh gurunya. Secara garis besar ada 4 faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor lingkungan, faktor instrumental, faktor kondisi fisiologis dan faktor kondisi psikologis. Anehnya di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut ini banyak santri yang memiliki kedisiplinan dan motivasi belajar yang kurang baik, namun rata-rata memiliki hasil belajar yang cukup baik ketika ujian. Siapakah yang harus disalahkan gurunya, santrinya, atau tata pergaulan di pesantren yang kurang baik. Berdasarkan fenomena tersebut penulis berasumsi kedisiplinan dan motivasi belajrnya yang mempengaruhi hasil belajar kitab kuning santri di PP Sunan Kalijaga Puyut. Hal ini yang membuat menarik peniliti ingin meneliti adakah pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kitab kuning santri.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengathui pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar kitab kuning. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kitab kuning. 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap hasil belajr kitab kuning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa:(1) Pada perhitungan kedisiplinan santri Pondok Pesantren Sunan Kalijaga didapatkan taraf signifikansi 0,883 < 0,005. Jadi Ho diterima, dengan demikian tidak ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar kitab santri Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut.( 2) Pada perhitungan motivasi belaar santri Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut didapatkan taraf signifikansi 0,542 < 0,005. Jadi Ho diterima, dengan demikian tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar santri Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut. (3) Pada perhitungan kedisiplinan dan motivasi belajafr santri PP Sunan Kalijaga Puyut didapatkan taraf signifikansi 0,729 < 0,005. Jadi Ho diterima, dengan demikian tidak ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar santri PP Sunan Kalijaga Puyut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:56
Last Modified: 07 Jun 2021 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item View Item