Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo

Tutut, Tutut (2021) Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TUTUT 210617182.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbagai usaha yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kemandirian belajar pada proses kegiatan pembelajaran telah dilakukan oleh guru di masa pandemi covid-19. Dalam kegiatan pembelajaran masa pandemi covid-19 ini berpengaruh pada kemandirian belajar siswa, kurangnya kemandirian belajar siswa dalam memahami materi pembelajaran sering terjadi sehingga terdapat hal-hal seperti mencontek pekerjaan teman,malas bertanya, serta tidak mengerjakan dan melaporkan hasil belajar pada guru.
Tujuan dari Penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo. (2) mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatifdengan pendekatan penelitian etnografi.Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai partisipan penuh dan pengumpul data.Data yang diperoleh peneliti berupa catatan lapangan dari guru, orang tua siswa dan siswa itu sendiri.Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, serta dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah milik Huberman dan Miles yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti pada penelitian ini terdapat beberapa yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kemandirian belajar pada pembelajaran daring dan luring.Pada pembelajaran daring guru membuat modul, LKS, membuat grup kelas untuk melaporkan hasil kegiatan belajar siswa dirumah.Sedangkan guru dalam pembelajaran luring guru menerapkan belajar kelompok di rumah warga, memberikan nasehat, motivasi, bimbingan, arahan, serta motivasi dan reward diakhir tahun dengan julukan siswa teladan.Dari kegiatan pembelajaran ini siswa mengalami perkembangan kemandirian belajar yang baik karena mereka lebih terpantau dan termotivasi dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:53
Last Modified: 07 Jun 2021 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15438

Actions (login required)

View Item View Item