..(LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, TTD BERMATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Fatwa DSN-MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Tabungan Terhadap Praktik Tabungan Di BMT Surya Mandiri Capem Jetis

Al Asyhari, Ali Rohmanudin (2021) ..(LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, TTD BERMATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Fatwa DSN-MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Tabungan Terhadap Praktik Tabungan Di BMT Surya Mandiri Capem Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ALI ROHMANUDIN A.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Al-Asyhari, Ali Rohmanudin, 2021. Tinjauan Fatwa DSN-MUI No.02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan terhadap Praktik Tabungan di BMT Surya Mandiri Capem Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Hukum Institut Agama Islan Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ri’fah Roihanah, M.Kn.

Kata kunci: Mudharabah, Fatwa, Tabungan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan fatwa DSN-MUI No.02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan. Dalam ketentuan umum tabungan berdasarkan mudharabah nasabah bertindak sebagai shahibul mal atau pemilik dana dan bank bertindak sebagai mudharib atau pengelola dana. Modal harus dinyatakan dengan jumlahnya dalam bentuk tunai dan bukan piutang. Dalam paktik tabungan di BMT Surya Mandiri Capem Jetis kedudukan nasabah bertindak sebagai pengelola dana (mudharib), dan bank bertindak sebagai pemilik dana (shahibul al-mal).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tinjauan Fatwa DSN-MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan terhadap kedudukan para pihak yang berakad pada praktik tabungan di BMT Surya Mandiri Capem Jetis Ponorogo? (2) Bagaimana Tinjauan Fatwa DSN-MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan terhadap pembayaran pada praktik tabungan di BMT Surya Mandiri Capem Jetis Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan (field research) karena peneliti memperoleh data dari teknik wawancara dan observasi untuk mendapatkan informasi tentang praktik tabungan. Dalam skripsi ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggumpulkan informasi. Informasi didapat dari informan yang berupa kata atau teks yang kemudian dianalisi dan dijabarkan oleh peneliti.
Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kedudukan para pihak yang berakad pada praktik tabungan di BMT Surya Mandiri Capem Jetis pada pembiayaan itu belum sesuai dengan ketentuan dalam Fatwa DSN No.02/DSN-MUI/IV/2000. Karena dalam Fatwa disebutkan bahwasannya nasabah bertindak sebagai shahibul al-mal atau pemilik dana dan bank bertindak sebagai mudharib atau pengelola dana tetapi di BMT Surya Mandiri Capem Jetis bank bertindak sebagai shahibul al-mal atau pemilik dana dan nasabah bertindak sebagai mudharib atau pengelola dana. (2) Pembayaran dalam praktik tabungan pada akad mudharabah yang dilakukan oleh BMT Surya Mandiri Capem Jetis Ponorogo dengan nasabahnya belum sepenuhnya sesuai fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000, dikarenakan pembayaran dalam praktek tabungan tersebut diambil dari potongan angsuran pembiayaan, sedangkan dalam ketentuan umum tabungan berdasarkan mudharabah dalam Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 modal harus di nyatakan dengan jumlahnya dalam bentuk tunai dan bukan piutang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rif'ah Roihanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:59
Last Modified: 07 Jun 2021 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15433

Actions (login required)

View Item View Item