Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo

Abidah, Salsa Billa (2021) Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117007_Salsa Billa Abidah_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Abidah, Salsa Billa. 2021. Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata Kunci : Peran Guru, Kemandirian, Anak Usia Dini
Kemandirian adalah usaha untuk melepaskan diri dari orangtua dengan maksud untuk menemukan dirinya melalui proses mencari identitas ego. Kemandirian biasanya ditandai dengan kemampuan menentukan nasib sendiri, kreatif, dan inisiatif, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, mampu mengatasi masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain. Untuk mengembangkan kemandirian anak saat di sekolah perlu adanya peran seorang guru. Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo peneliti menemukan permasalahan kemandirian, seperti anak yang masih belum bisa melakukan tugasnya secara mandiri, jika diberi intruksi atau diberi arahan oleh guru tidak dilakukan, tidak mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri, kurang mampu berkomunikasi terhadap teman dan orang di sekitarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) profil kemandirian anak usia dini TK Muslimat NU 001 Ponorogo, (2) peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, dan (3) peran guru sebagai pelatih dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif degan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) profil kemandirian anak usia dini kelas B4 di TK Muslimat NU 001 Ponorogo secara umum berkembang sesuai harapan ditunjukkan pada anak yang mampu percaya diri dengan pilihannya, mampu bertanggung jawab atas apa yang dilakukan seperti mengembalikan alat permainan di rak dan merapikan alat tulis yang telah dipakai, melakukan aktivitas di sekolah secara sendiri, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan berempati dengan teman; (2) peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo adalah melakukan komunikasi yang aktif dengan orang tua, memberikan motivasi/pemahaman positif kepada anak, memberikan reward/penegasan untuk membangkitkan semangat anak, melakukan pendekatan pada anak yang kurang mampu berkomunikasi dengan teman; dan (3) peran guru sebagai pelatih dalam meningkatkan kemadirian anak usia dini di TK Muslimat NU 001 adalah memberikan contoh dan memberikan pembiasaan dan pengulangan kegiatan kemandirian kepada anak secara konsisten.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:58
Last Modified: 07 Jun 2021 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item