Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo

Rydhanti, Qorisa Ringga (2021) Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117008_Qorisa Ringga Rydhanti_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rydhanti, Qorisa Ringga. 2021. Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata kunci : Upaya Guru, Kecerdasan Visual Spasial, Anak Usia Dini
Kecerdasan visual spasial adalah salah satu aspek dari kognitif yang digunakan untuk memvisualisasikan gambar didalam pikiran seseorang. Anak dengan kecerdasan visual spasial akan kepekaan terhadap simbol, bentuk, warna, garis, dan pola. Guru juga menjadi faktor terpenting dalam tercapainya pendidikan dengan optimal. Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo menemukan permasalahan anak yang kecerdasan visual spasial masih kurang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Profil kecerdasan visual spasial anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, 2) Upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial menggambar anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, 3) Upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial mewarnai anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) profil kecerdasan visual spasial anak usia dini pada kelas B di TK Muslimat NU 001 Ponorogo secara umum dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan anak mampu menggambar, anak memiliki kepekaan terhadap warna, anak suka melihat atau memperhatikan buku berilustrasi (buku-buku penuh gambar), dan anak mampu mewarnai 2) Upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial menggambar anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, melalui kegiatan mencoret-coret: guru memberikan kebebasan anak untuk berkreasi, melalui kegiatan menggambar: guru memberikan contoh sebuah gambar, melalui kegiatan mengunjungi berbagai tempat: guru meminta anak menggambar apa yang sudah dilihat, melalui kegiatan menyanyi mengenal membayangkan: guru memutarkan lagu atau mengajak anak menyanyi bersama. 3) Upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial mewarnai anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, melalui kegiatan mencoret-coret: guru menyiapkan media seperti sketsa gambar dan krayon atau pensil warna, melalui kegiatan mewarnai: memfasilitasi anak dengan mendatangkan guru khusus mewarnai, melalui kegiatan mengunjungi berbagai tempat: guru meminta anak untuk mengilustrasikan dalam kegiatan mewarnai, melalui kegiatan menyanyi mengenal membayangkan: guru memutarkan video gambar dan guru menggunakan alat peraga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:59
Last Modified: 07 Jun 2021 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item View Item