Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Anak Usia Dini Di TPA Al-Barokah Desa Putat Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Umah, Muclishotul (2021) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Anak Usia Dini Di TPA Al-Barokah Desa Putat Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUCLISHOTUL UMAH 211117032 PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah suatu pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Anak usia dini berada pada masa keemasan sebab pada masa ini terjadi perkembangan yang sangat menakjubkan dan terbaik sepanjang hidup manusia. Sebagai umat yang beragama Islam anak usia dini sudah mulai dikenalkan dengan shalat melalui bimbingan. Perkenalan dengan shalat ini juga mampu membentuk perilaku keagamaan dan menanamkan konsep keagamaan serta mampu mengenal Tuhan-Nya. Anak usia dini jika kemampuan shalatnya tidak dikembangkan maka anak kelak akan sulit untuk dikenalkan shalat, sulit menghafal bacaan shalat dan enggan melaksanakan shalat. Di masa sekarang ini tidak sedikit anak-anak yang masih belum bisa menghafalkan bacaan shalat dengan baik dan dan benar, juga kurangnya kesadaran dari orang tua untuk membimbing dan mengarahkan apabila anaknya belum bisa mengerjakan shalat dengan baik dan benar, hal ini terlihat di lingkungan Desa Putat Kecamatan Geger Kabupaten Madiun yang rata-rata anak usia dini tidak melaksanakan shalat. Di TPA Al-Barokah Putat Geger Madiun diadakan program hafalan bacaan shalat untuk membantu menanamkan pembiasaan pada diri anak untuk selalu mengerjakan shalat dengan baik dan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tugas guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat anak usia dini di TPA Al-Barokah Desa Putat Kecamatan Geger Kabupaten Madiun dan (2) mendeskripsikan implikasi peran guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat anak usia dini di TPA Al-Barokah Desa Putat Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.
Metode pendekata yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan domunebtasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Milles dan Huberman dengan menggunakan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tugas guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat anak usia dini di TPA Al-Barokah Desa Putat Kecamatan Geger Kabupaten Madiun adalah (a) guru sebagai pendidik dan pengajar, guru memberikan pengetahuan kepada peserta didik, (b) guru sebagai mediator atau sumber belajar dan fasilitator, guru menggunakan media laptop untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat, (c) guru sebagai motivator, guru memberikan motivasi serta memberikan hadiah dan hukuman bagi siswa yang tidak menghafalkan bacaan shalat dan (d) guru sebagai pembimbing dan evaluator, guru meluangkan waktunya untuk menyimak hafalan peserta didik serta guru bekerjasama dengan wali murid untuk memantau hafalan peserta didik di rumah (2) implikasi peran guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat anak usia dini di TPA Al-Barokah Desa Putat Kecamatan Geger Kabupaten Madiun adalah dengan adanya empat peran yang dimainkan guru, peserta didik semakin semangat dan mudah menghafal bacaan shalat yang pada awalnya malas dan sulit menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:12
Last Modified: 07 Jun 2021 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item View Item