PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DALAM MENUMBUHKAN RASA NASIONALISME PADA SISWA KELAS 4 DI MIN 5 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Puspitasari, Etik Putri (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DALAM MENUMBUHKAN RASA NASIONALISME PADA SISWA KELAS 4 DI MIN 5 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Perpus Etik Putri Puspitasari 210617223.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Puspitasari, Etik Putri. 2021. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan( PKn) dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Siswa kelas 4 Di MIN 5 Pacitan Tahun Ajaran 2020/2021.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci : Peran Guru PKn, Rasa Nasionalisme.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran guru PKn dalam menumbuhkan rasa Nasionalisme pada siswa kelas 4. Penelitian ini menarik untuk dikaji karena sikap Nasionalisme penting bagi anak disekolah tingkat dasar. Nasionalisme termasuk sikap penanaman karakter pada siswa sejak dini. Sikap Nasionalisme itu sendiri sudah mulai hilang dan bahkan sudah mulai tidak terlihat pada siswa diera modern ini. Peran guru PKn ini salah satunya sebagai penanaman sikap Nasionalisme pada siswa selama disekolah dibandingkan dengan guru yang lain. karena guru PKn adalah pelajaran yang bersifat kenegaraan serta pembentukan karakter.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui peran guru Pkn sebagai Edukator dalam menumbuhkan rasa Nasionalisme pada siswa kelas 4 MIN 5 Pacitan . (2) Untuk mengetahui peran guru Pkn sebagai Manager dalam menumbuhkan rasa Nasionalisme pada siswa kelas 4 MIN 5 Pacitan. (3) Untuk mengetahui peran guru Pkn sebagai Evaluator dalam menumbuhkan rasa Nasionalisme pada siswa kelas 4 MIN 5 Pacitan.
Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa studi kasus, dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang penulis pakai untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru sebagai Edukator pada siswa kelas 4 di MIN 5 Pacitan dalam menumbuhkan rasa yang Nasionalisme yaitu guru tidak hanya mentransfer ilmu pengatahuan saja tetapi yang paling utama adalah menjadi pemimpin, pengarah, . Dalam perwujudannya guru harus menjadi contoh dan suri tauladan yang baik bagi siswa dengan hal tersebut siswa nantinya akan mencontoh sikap dan perilaku dari guru tersebut, sehingga siswa dapat memiliki bekal dimasa mendatang. Namun dalam menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap diri siswa diperlukan kerjasama yang baik antara guru, siswa dan orangtua. Sebab tanpa adanya kerjasama dalam menanamkan pembiasaan tersebut maka hasil yang akan diperoleh tidak dapat mencapai hasil maksimal. (2) Peran guru PKn sebagai Manager pada siswa kelas 4 di MIN 5 Pacitan dalam menumbuhkan sikap Nasionalisme adalah seorang guru harus bisa menyiapkan, melaksanakan serta menevaluasi dalam proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran. untuk memaksimalkan peran dan fungsinya sebagai manager maka seorang guru khususnya guru PKn di MIN 5 Pacitan memiliki beberapa cara dengan menggunakan cara pembiasaan pada siswa karena melalui pembiasaan tersebut maka akan lebih mudah diterima siswa dari pada harus pembelajaran didalam kelas. (3) Peran guru PKn sebagai Evaluator pada siswa kelas 4 di MIN 5 Pacitan dalam menumbuhkan sikap Nasionalisme adalah dapat di ukur melalui aspek penilaian secara avektif seperti penilaian diri sendiri,dan penilaian teman sebaya, sedagkan kognitif berupa pencapaian kemampuan belajar siswa. Kemudian psikomotorik ialah pencapaian tingkat kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUKHLISON EFFENDI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:56
Last Modified: 07 Jun 2021 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item