upaya pembentukan kecerdasan spiritual santri di pondok pesantren tahfidzul qur’an al-hasan patihan wetan babadan ponorogo.

Satriya, Nur (2021) upaya pembentukan kecerdasan spiritual santri di pondok pesantren tahfidzul qur’an al-hasan patihan wetan babadan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316408 NUR SATRIA PUBLISH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Satria. 2021. Upaya Pembentukan Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Tahfidzul Al-Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Instistut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag, M.Si.
Kata Kunci : kecerdasan spiritual, Lembaga Pesantren, santri
Penelitian ini dilakukan karena peneliti melihat kurangnya kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh remaja di masa sekarang ini. Banyak dari mereka yang masih kurang dalam mengontrol diri mereka sendiri, masih sering mendahulukan ego dan mementingkan kemauan diri sendiri.
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui apa saja yang dilakukan Pondok pesantren Al-Hasan Patihan Wetan Ponorogo dalam membentuk kecerdasan spiritual santri (2) untuk mengetahui Kendala Dan Solusi Dalam Upaya Pembentukan Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo (3) untuk mengetahui Dampak Positif dari Pembentukan Kecerdasan Spiritual Terhadap Akhlak Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitiannya ialah studi kasus, dengan pengumpulan data melalui wawancara,observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa upaya yang dilakukan oleh Kiyai dan pengurus santri dalam membentuk kecerdasan spiritual santri cukup baik. Hal ini terbukti berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan peneliti, para santri dengan tertib berangkat ke masjid ketika sudah tiba waktu sholat berjamaah, rajin dalam mengaji dan berprilaku baik, serta para ustadz pun juga melakukan hal serupa dan mengarahkan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Widha Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:34
Last Modified: 07 Jun 2021 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15423

Actions (login required)

View Item View Item