Pengelolaan Kurikulum Ma’had Dalam Peningkatan Karakter Santri Di Ma’had Ronggo Warsito Man 2 Ponorogo

Anami, Mohamad Habibul (2021) Pengelolaan Kurikulum Ma’had Dalam Peningkatan Karakter Santri Di Ma’had Ronggo Warsito Man 2 Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MOHAMAD HABIBUL ANAMI 502190062 MPI- A5 Upload E Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGELOLAAN KURIKULUM MA’HAD DALAM PENINGKATAN KARAKTER SANTRI DI MA’HAD RONGGO WARSITO MAN 2 PONOROGO

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi munculnya problematika moral yang ada di lingkungan masyarakat, juga untuk memenuhi kebutuhan keilmuan dalam interaksi sosial yg bertujuan untuk mengikis dan mengurangi dampak kebebasan yang berlebihan. Permasalahan dalam lingkungan pendidikan ini, bisa dikendalikan dengan pengelolaan kurikulum yang baik dan benar dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Ma’had Ronggo Warsito MAN 2 Ponorogo memiliki strategi pengelolaan kurikulum yang terfokus pada pemaksimalan pembinaan santri untuk peningkatan karakter santri dengan berbagai kegiatannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengelolaan kurikulum; 2) kendala dan pendukung peningkatan karakter santri Ma’had; 3) Implikasi peningkatan karakter santri Ma’had Ronggo Warsito MAN 2 Ponorogo melalui implementasi strategi pengelolaan kurikulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.
Hasil Penelitian ini adalah: 1) Kurikulumnya bersifat integral yang artinya kegiatan-kegiatan yang dilakukan saling mendukung dan masih dalam satu rangkaian. 2) strategi pengelolaan kurikulum yang dikembangkan di Ma’had Ronggo Warsito MAN 2 adalah sebagai berikut: 1) perencanaan yang meliputi penetapan visi RUBI, misi, tujuan, fungsi dan nilai-nilai yang harus dilaksanakan oleh santri; 2) pengorganisasian yang meliputi kurikulum ma’had; meliputi : Tahfidh, pembinaan bahasa, kitab kuning, bimbingan belajar, istighotsah, qiyamullail, diba’an sholawat, sholat jama’ah dan puasa sunnah 3) penerapan pelayanan pendidikan dilakukan dengan metode pengajaran ma’had yaitu metode Tahfidh, sorogan/tasmi’, muqobalah, mudzakaroh dan munadhoroh ; 4) penerapan pelayanan sarpras dengan fasiltas yang lengkap; dan 5) Evaluasi dilakukan untuk mengukur kemampuan penguasaan santri terhadap ilmu yang telah dipelajari dengan tes secara lisan maupun secara muroqobah dan muqobalah. Keberadaan kurikulum ma’had dapat dilihat dari relevansi akademik dengan adanya lembaga pendidikan, tahfidz, pelatihan kepemimpinan, organisasi, memberikan keterampilan-keterampilan berbahasa asing dan muhadhoroh sehingga bisa meningkatkan karakter santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:40
Last Modified: 07 Jun 2021 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15418

Actions (login required)

View Item View Item