(KEASLIAN TULISAN BERMETERAI BELUM ADA).. Upaya Orangtua Untuk Memotivasi Siswa Belajar Mandiri di Rumah

Sritanti, Denis (2021) (KEASLIAN TULISAN BERMETERAI BELUM ADA).. Upaya Orangtua Untuk Memotivasi Siswa Belajar Mandiri di Rumah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUSTAKAAN DENIS SRITANTI (210617062).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sritanti, Denis. 2021. Upaya Orangtua Untuk Memotivasi Siswa dalam Belajar Mandiri di Rumah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd

Kata kunci : Orangtua, Kemandirian, Motivasi, Pembelajaran Daring
Peran orangtua sangat penting untuk memotivasi kemandirian belajar siswa selama pembelajaran daring, Banyak kendala yang dialami orangtua untuk meningkatkan kemandirian belajar anak selama pembelajaran daring, hal ini pun terjadi pula pada orangtua siswa di MIN 3 Ponorogo. Orangtua harus mendorong anak agar dapat melatih kemandirian belajar dengan memberikan motivasi belajar selama pembelajaran daring.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran orangtua untuk memotivasi siswa dalam belajar mandiri di rumah. (2) Untuk mendeskripsikan kendala orangtua untuk memotivasi dalam belajar mandiri di rumah. (3) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah orangtua untuk memotivasi dalam belajar mandiri di rumah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki ciri penelitian berjalan secara natural atau alami dimana objek di lapangan benar-benar ada dan tidak dimanipulasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara , dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan triagulasi, pemeriksaan melalui diskusi, pemanfaatan bahan referensi, dan dengan mengadakan pengecekan.
Hasil penelitian ini ialah: (1) Peran yang harus dijalankan orangtua untuk memotivasi kemandirian belajar siswa di rumah antara lain: sebagai pendidik ,sebagai pembimbing, motivator dan sebagai fasilitator. (2). Kendala orangtua dalam memotivasi kemandirian belajar siswa di rumah meliputi keterbatasan orangtua karena pekerjaan, kebiasaan yang dilakukan siswa tersebut, tingkat kemampuan ekonomi, dan rendahnya tingkat kesadaran siswa. (3). Langkah-langkah yang dilakukan oleh orangtua untuk memotivasi kemandirian belajar di rumah diantaranya adalah dengan pembiasaan dalam belajar serta memberikan motivasi khusus kepada siswa, berupa pujian maupun hadiah, selain itu orangtua berperan ganda sebagai teman maupun guru selama pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:33
Last Modified: 07 Jun 2021 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item