Adaptasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran IPA

Wilujeng, Sri (2021) Adaptasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran IPA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211316002 SRI WILUJENG TADRIS IPA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran problem based learning (PBL) adalah model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah. Model pembelajaran ini akan memberikan pengalaman bagi peserta didik, sehingga perlu diketahui bagaimana model pembelajaran tersebut ketika diterapkan pada disiplin ilmu yang berbeda. Selain itu juga perlu kita ketahui bagaimana relevansi model pembelajaran tersebut dengan karakteristik pembelajaran IPA.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adaptasi model pembelajaran PBL dalam lintas pendidikan dan relevansinya dengan pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah library research. Sumber data dari penelitian ini adalah dua puluh jurnal internasional terpilih tentang problem based learning (PBL). Jurnal-jurnal tersebut berasal dari Google Cendekia, Taylor and Francis, Elsevier dan Springer Open Kemudian data penelitian yang diperoleh akan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa adaptasi PBL dibedakan menjadi dua yaitu yang pertama Problem Based Learning (PBL) berbantuan teknologi dan situs jejaring sosial (Social Networking Sites atau SNS) yakni adaptasi dengan bantuan microblog Plurk, virtual klien, virtual learning environment dengan bantuan Web, adaptasi dengan bantuan aplikasi Blackboard Collaborate dan teknologi Augmented Reality (AR), penerapan Flipped Classroom, serta pembelajaran online dengan web Blackboard Learning Management System. Yang kedua yaitu adaptasi secara tradisional (offline) yakni observasi kesalahan dengan umpan balik dan tanpa umpan balik, pemberian tugas lapangan, pembauatan peta konsep dan pergantian peran kelompok, penilaian sejawat, memanfaatkan startegi scaffolding dan penerapan delayed test. Sedangkam relevansi PBL dengan pembelajaran IPA diantaranya relevansi dengan karakteristik IPA sebagai sikap, proses dan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:46
Last Modified: 07 Jun 2021 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15413

Actions (login required)

View Item View Item