PENDIDIKAN AGAMA BERBASIS PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 : STUDI KASUS DI SMK PGRI 2 PONOROGO

Asrori, Moh. Zainul (2021) PENDIDIKAN AGAMA BERBASIS PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 : STUDI KASUS DI SMK PGRI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317236 MOH. ZAINUL ASRORI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Asrori, Moh. Zainul. 2021. Pendidikan Agama Berbasis Pesantren untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa di Masa Pandemi Covid 19 : Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Terbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci : Pendidikan Agama, Pesantren, Religiusitas. Pandemi Covid 19.

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya program sekolah berbasis pesantren yang di terapkan SMK PGRI 2 Ponorogo dalam rangka membentuk karakter dan meningkatkan religiusitas siswanya. Selain itu, munculnya pandemi covid 19 yang menghambat seluruh aktivitas pendidikan khususnya, tentu juga menghambat program sekolah berbasis pesantren tersebut. Bagaimana bentuk kegiatannya, bagaimana problematika dan solusinya dalam merealisasikan program tersebut di masa pandemi covid 19. Dengan dasar itulah yang mendorong penulis melakukan penelitian tentang upaya SMK PGRI 2 Ponorogo dalam rangka membentuk karakter dan religiusitas siswanya melalui Pendidikan Agama Berbasis Pesantren, khususnya di Masa Pandemi Covid 19 ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pendidikan agama berbasis pesantren yang di terapkan SMK PGRI 2 Ponorogo, (2) problematika dan solusi dalam merealisasikan program tersebut di masa pandemi covid 19, (3) kontribusi program tersebut terhadap peningkatan religiusitas siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang pengambilan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumetasi. Yang nantinya data tersebut akan di analisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dalam menjawab rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) pendidikan agama berbasis pesantren yang di terapkan di SMK PGRI 2 Ponorogo ini adalah dengan mengintegrasikan kurikulum pendidikan umum dengan sistem pendidikan ala pesantren, seperti siswa diwajibkan mengikuti kegiatan mondok kilat, wajib bisa membaca al-Qur’an, guru menyisipkan materi-materi keagamaan berbasis praktek di setiap pembelajaran PAI, dan merealisasikan kegiatan-kegiatan keagamaan. (2) di masa pandemi covid 19 ini program pendidikan agama berbasis pesantren mengalami banyak problem atau kendala. Kendala yang diungkapkan guru dalam menghadapi pandemi covid 19 adalah tidak adanya pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring yang dirasa kurang efektif, kesulitan dalam memantau attitude siswa, kegaitan-kegiatan keagamaan yang sementara terhenti, keterbatasan guru dan siswa yang masuk ke sekolah dan sebagainya. Adapun solusinya adalah tetap melaksanakan pembelajaran di situasi dan kondisi seperti ini, seperti pembelajaran daring, bekerjasama dengan orang tua atau wali melalui forum WhatsApp, mengadakan pembelajaran tatap muka bagi kelas XII dengan sistem Sift dan sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan yang ada serta membatasi guru dan siswa yang masuk. (3) dengan adanya kegiatan-kegiatan dari program pendidikan agama berbasis pesantren tersebut sangat memberikan efek positif bagi siswa dan dapat meningkatkan religiuitas siswa, karena mayoritas siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo yang awalnya belum bisa mengaji menjadi bisa mengaji, yang awalnya tidak paham agama sekitar 80 % menjadi paham dan siswa mengalami perubahan setelah mengikuti program-program tersebut. Sehingga program pendidikan berbasis pesantren tersebut memiliki kontribusi yang besar terhadap religiusitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:36
Last Modified: 07 Jun 2021 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15411

Actions (login required)

View Item View Item