(TANDA TANGAN PENNULIS ADA PUBLIKASI HARUS ASLI)..Efektifitas Metode Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas 5 SD N 1 Ngrompak

Hasanah, Anggia Nur (2021) (TANDA TANGAN PENNULIS ADA PUBLIKASI HARUS ASLI)..Efektifitas Metode Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas 5 SD N 1 Ngrompak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617046_ANGGIA NUR HASANAH_PGMI.pdf

Download (963kB) | Preview

Abstract

Hasanah, Anggia Nur. 2021. Efektifitas Metode Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas 5 SD N 1 Ngrompak. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Guru Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hestu Wilujeng, M. Pd.
Kata Kunci: Efektifitas, Tutor Sebaya, Kemampuan Komunikasi Matematis
Kenyamanan dalam belajar menjadi hal yang penting dalam suatu proses belajar. Perasaan takut bertanya dan kurang percaya diri dapat menghambat suatu tujuan pembelajaran. Siswa cenderung diam ketika tidak memahami materi yang sedang diajarkan oleh guru mereka terutama pada mata pelajaran matematika. Bertanya kepada teman menjadi solusi mereka agar dapat memahami materi yang diajarkan dan saling tukar pikiran untuk melatih kemampuan komunikasi matematis antar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat efektifitas metode tutor sebaya terhadap perbedaan pencapaian kemampuan kounikasi matematis kelas kontrol dan kelas eksperimen (2) melihat efektifitas metode tutor sebaya terhadap perbedaan peningkatan pencapaian kemampuan kounikasi matematis kelas kontrol dan kelas eksprimen.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Desain dipilih untuk mencapai tujuan di atas dengan menggunakan uji independent sampel T tes dan uji Man-Whitney yang digunakan untuk menganalisis nilai N Gain. Adapun hasil penelitian (1) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol dan kelas eksperimen (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol dan kelas eksprimen

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:29
Last Modified: 07 Jun 2021 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item View Item