Efektifitas Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Pecahan Kelas V Di Mi Ma'arif Setono Jenangan Ponorogo

Rokhimah, Ainur (2021) Efektifitas Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Pecahan Kelas V Di Mi Ma'arif Setono Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PGMI AINUR ROKHIMAH 210617037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rokhimah, Ainur. 2021. Efektifitas Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Masalah Matematis Siswa Materi Pecahan Kelas V Di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Hestu Wilujeng, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Discovery, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Materi Pecahan.
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disebabkan karena pembelajaran matematika yang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah belum mendapat perhatian dari guru-guru, Siswa belum terbiasa mengerjakan soal-soal non rutin sehingga siswa kesulitan dalam mengerjakan soal dalam bentuk cerita, Pembelajaran yang masih menggunakan proses pembelajaran satu arah yaitu guru sebagai pusat pembelajaran (Teacher Center). Oleh karena itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu dengan menggunak metode pembelajaran discovery.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran discovery dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi pecahan kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’aif Setono Jenangan Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitafif dengan metode penelitian eksperimen. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling sampling jenuh dengan sampel penelitian diperoleh sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen (Discovery) sebanyak 21 siswa dan kelas kontrol (Konvensional) sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matemtis siswa yang memperoleh metode pembelajaran discovery dan siswa yang memperoleh metode konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan metode discovery sebesar 89,71. Sedangkan, hasil nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajarn konvensional sebesar 58,38. Kesimpulan hasil penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran discovery dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi pecahan pokok bahasan perkalian pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:21
Last Modified: 07 Jun 2021 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15400

Actions (login required)

View Item View Item