Kajian Salat Dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syekh ‘Umar ‘Abdu Al-Jabbār Dan Relevansinya Dengan Materi Salat Di Buku Fiqh Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah

Rahmatika, Maulida Laili (2021) Kajian Salat Dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syekh ‘Umar ‘Abdu Al-Jabbār Dan Relevansinya Dengan Materi Salat Di Buku Fiqh Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617227 MAULIDA LAILI RAHMATIKA PGMI G PERPUS.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pada pendidikan Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah pembelajaran agama Islam terutama mata pelajaran fiqih merupakan salah satu pelajaran penting karena menjadi pondasi pokok bagi siswa dalam menjalankan ibadah agar sesuai dengan syari’at Islam. Oleh karena itu dalam mengimplementasikan pembelajaran guru perlu sedikit banyak mengembangkan materi pembelajaran agar dapat tercapai pembelajaran keagamaan yang optimal sesuai dengan syariat sehingga dapat mewujudkan generasi yang beriman dan bertakwa kepada kepada Tuhan yang Maha Esa. Cara untuk mengembangkan materi pembelajaran adalah dengan memadukan buku paket dengan berbagai referensi lain sebagai penunjang salah satunya adalah dengan menggunakan kitab salafiyah seperti kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syekh ‘Umar ‘Abdu Al-Jabbār yang bermazhabkan Al-Imām Asy-Syāfi’ī. Kitab ini memaparkan tentang hukum-hukum Islam dan segala tatacara beribadah kepada Allah SWT dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh siswa terutama pada bab salat. Kitab ini penting untuk dikaji khususnya bagi siswa kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah karena terdapat beberapa materi yang relevan dengan pembelajaran di kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang Kajian Salat Dalam Kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syekh ‘Umar ‘Abdu Al-Jabbār dan Relevansinya dengan Materi Salat diBuku Fiqh Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui kajian tentang salat dalam kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syekh ‘Umar ‘Abdu Al-Jabbār dan Materi Salat di Buku fiqih kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. (2) Untuk mengetahui relevansi kajian tentang salat dalam kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syekh ‘Umar ‘Abdu Al-Jabbār dengan Materi Salat di Buku fiqih di kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif library reseach. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji kitab Abdul Jabbar Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya. Kemudian dianalisis dengan menggunakan content analisis atau analisis isi.
Dari analisis penelitian ditemukan (1) kajian tentang salat dalam kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syekh ‘Umar ‘Abdu Al-Jabbār terdapat 2 teori yang meliputi salat fardlu, salat berjama’ah. (2) Pembahasan antara kitab Mabadi’ul Fiqiyyah karya Syekh Umar Abdul Jabbar dengan buku Fiqih di kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah memiliki keterkaitan atau relevansi yaitu pada pembahasan tentang salat fardlu dan salat berjama’ah. Pemahaman tentang ibadah salat fardlu akan mempengaruhi sikap dan perilaku siswa dalam kehidupannya sehari-hari. Beberapa contoh manifestasi dari ibadah salat dapat melatih siswa kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah untuk mempraktekkan gerakan salat dengan benar dan khusyu, menanamkan perilaku disiplin, melatih konsentrasi, melatih siswa untuk selalu mengingat Allah dan mensyukuri segala bentuk kenikmatan Allah SWT, sebagai sarana penghapus dosa, menanamkan kerimanan dan ketakwaan kepada Allah. Sedangkan manevestasi dari salat berjama’ah yaitu menanamkan pembiasaan untuk memiliki sikap patuh dan tanggung jawab, memiliki rasa peduli dan toleran, melatih siswa menjalin kebersamaan dan saling menyambung tali silaturrahmi antar jama’ah menanamkan sikap menghargai dan taat serta selalu berlomba-lomba dan saling tolong menolong dalam ketakwaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:25
Last Modified: 07 Jun 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15397

Actions (login required)

View Item View Item