..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pembelajaran Kontekstual dalam Buku Multiple Intelligences for Islamic Teaching dan Relevansinya dengan Materi Rukun Iman Kelas 4 Sekolah Dasar

Setyoning Khotima, Evi (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pembelajaran Kontekstual dalam Buku Multiple Intelligences for Islamic Teaching dan Relevansinya dengan Materi Rukun Iman Kelas 4 Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BEBAS PINJAMAN.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khotima, Evi Setyoning. 2021. Pembelajaran Kontekstual dalam Buku Multiple Intelligences for Islamic Teaching dan Relevansinya dengan Materi Rukun Iman Kelas 4 Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.

Kata Kunci: Pembelajaran, kontekstual, rukun iman, relevan

Setiap anak yang terlahir ke dunia ini merupakan anak-anak cerdas dengan potensi-potensi dan keunikan yang dimilikinya. Namun tidak semua pihak menyadari keragaman tersebut, sehingga mengukur kecerdasan anak hanya berpatokan pada satu kecerdasan saja. Perlu adanya pembelajaran yang dapat membuat semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran meskipun kecerdasan anak berbeda-beda. Salah satunya yaitu dengan menyajikan pembelajaran kontekstual dengan konsep belajar yang membuat guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisa pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan materi rukun iman kelas 4 Sekolah Dasar, dan (2) menjelaskan relevansi materi ajar rukun iman pada Buku Multiple Intelligences for Islamic Teaching dengan materi rukun iman di kelas 4 Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif library research menggunakan data atau keterangan melalui Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV sebagai data sekunder. Penelitian ini dilakukan terhadap buku Multiple Intelligences for Islamic Teaching karya Ariany Syurfah.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan materi rukun iman kelas 4 Sekolah Dasar diantaranya (a) iman kepada Allah, garis besar aktivitas yang dilakukan siswa yaitu simulasi, analisis dan diskusi untuk mengetahui bahwa Allah itu ada dan untuk menentukan buktinya dengan menggunakan media gula pasir, air, gelas dan sendok, (b) iman kepada malaikat-malaikat Allah, garis besar aktivitas yang dilakukan siswa yaitu pengamatan, analisis dan diskusi untuk memahami lebih dalam tentang iman kepada malaikat-malaikat Allah dengan menggunakan media sungai/kolam dan binatang, (c) iman kepada rasul-rasul Allah, garis besar aktivitas yang dilakukan yaitu tanya jawab untuk memahami makna beriman kepada rasul Allah. (2) Materi ajar rukun iman pada buku ¬Multiple Intelligences for Islamic Teaching relevan dengan materi rukun iman kelas IV Sekolah Dasar khususnya materi iman kepada Allah, iman kepada malaikat-malaikat Allah dan iman kepada rasul-rasul Allah dibuktikan dengan 6 Kompetensi Dasar yang terdapat pada Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:29
Last Modified: 07 Jun 2021 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item