strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional anak usia dini di taman kanak-kanak merak ponorogo

A, FATIMAH (2021) strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional anak usia dini di taman kanak-kanak merak ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211117012 FATIMAH A PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
A, Fatimah. 2021. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Merak Ponorogo. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah,M.Pd.I.

Kata kunci : Strategi Guru, Kecerdasan Sosial dan Emosional, Anak Usia Dini

Kecerdasan sosial dan emosional adalah kemampuan individu yang memiliki kepekaan ketika berinterkasi dengan orang lain baik dengan guru, orang tua, teman sebaya, maupun individu lain yang ada dilingkungannya. Pentingnya anak memiliki kecerdasan sosial dan emosional ialah agar anak dapat berinteraksi dengan orang lain yang ada disekitar lingkungannya, serta memiliki kepekaan terhadap hal-hal yang ada disekitarnya dan mampu mengelola emosi pada dirinya. Fakta yang ditemukan di lapangan bahwa peserta didik Taman Kanak-kanak Merak Ponorogo ada yang masih kurang kesadaran dirinya, rasa percaya dirinya, kedisiplinannya, sikap tanggung jawabnya, dan perilaku prososialnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional anak usia dini pada aspek kesadaran diri; (2) mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional anak usia dini pada aspek rasa tanggung jawab; dan (3) mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional anak usia dini pada aspek perilaku prososial.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, pengajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional anak usia dini pada aspek kasadaran diri anak usia dini menggunakan dua metode yaitu metode pembiasaan seperti Solat Dhuha setiap pagi dan metode pembelajaran sentra seperti menggunakan sentra persiapan; (2) strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional anak usia dini pada aspek rasa tanggung jawab menggunakan tiga metode yaitu metode pembiasaan seperti merapikan peralatan belajar, metode membuat kesepakatan seperti membuat peraturan sebelum belajar, dan metode pemberian tugas seperti pemberian tugas ketika melakukan pembelajaran sentra; dan (3) strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional anak usia dini pada aspek perilaku prososial menggunakan metode pembiasaan seperti anak dibiasakan untuk bermain dengan temannya dan metode bermain sosial seperti membuat permainan yang melibatkan interaksi satu sama lain, contohnya permainan mencari tulang dinosaurus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:23
Last Modified: 07 Jun 2021 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15395

Actions (login required)

View Item View Item