Peran Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Siswa Pada Pembelajaran Daring di MI GUPPI Tumpuk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan

Nur'aini, Intan (2021) Peran Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Siswa Pada Pembelajaran Daring di MI GUPPI Tumpuk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617190_INTAN NUR'AINI_PGMI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur’aini, Intan. 2021. Peran Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Siswa Pada Pembelajaran Daring di MI GUPPI Tumpuk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M.Pd..

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Multiple Intelligences, Pembelajaran Daring
Pelaksanaan pembelajaran daring memberikan dampak terhadap perilaku sosial emosional siswa MI GUPPI Tumpuk yaitu kecenderungan siswa untuk berperilaku dan bersikap kurang baik karena kurangnya pengawasan orang tua dan guru yang biasa dilakukan ketika pembelajaran tatap muka, kurangnya respon dan tanggung jawab anak dalam melaksanakan proses pembelajaran daring, siswa kurang memiliki kemandirian belajar, bosan ketika belajar, dan terbatasnya akses serta kuota internet yang menyebabkan siswa mengabaikan tugas. Sehingga dalam proses belajar mengajar, guru dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang mumpuni. Pada proses perancangan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran daring, setiap guru dituntut untuk mengembangkan kecerdasan jamak (multiple intelligences) yang menonjol pada siswa, sehingga dapat disesuaikan dengan gaya belajar anak di rumah dan tidak hanya anak yang cerdas secara intelektual saja yang menonjol.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan multiple intelligences siswa pada pembelajaran daring di MI GUPPI Tumpuk, (2 mengetahui peran kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan multiple intelligences siswa pada pembelajaran daring di MI GUPPI Tumpuk, (3) mengetahui peran kompetensi sosial guru dalam mengembangkan multiple intelligences siswa pada pembelajaran daring di MI GUPPI Tumpuk, (4) mengetahui peran kompetensi profesional guru dalam mengembangkan multiple intelligences siswa pada pembelajaran daring di MI GUPPI Tumpuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriprif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional guru memiliki peran dalam mengembangkan multiple intelligences (kecerdasan linguistik, logis matematis, visual spasial, kinestetik, musikal, naturalis, interpersonal, dan intrapersonal) siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:27
Last Modified: 07 Jun 2021 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15393

Actions (login required)

View Item View Item