Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV di MIN 3 Ponorogo

Hidayah, Nurul (2021) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV di MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210617030_NURUL HIDAYAH.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayah, Nurul. 2021. Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV MIN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar IPA.
Hasil belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku siswa sebagai hasil dan proses belajar. Hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh kemandirian belajar. Kemandirian belajar merupakan suatu perilaku siswa dalam mengambil inisiatif belajar, mampu mengatasi masalah ketika belajar serta mempunyai rasa percaya diri, displin dan tanggung jawab dalam belajar. Apabila siswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi maka siswa akan memiliki inisiatif belajar, rasa disiplin dan tanggung jawab dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemandirian belajar siswa kelas IV di MIN 3 Ponorogo, (2) Mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV di MIN 3 Ponorogo, (3) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MIN 3 Ponorogo.
Untuk menjawab tujuan di atas penulis menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 69 siswa kelas IV MIN 3 Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan uji regresi linear sederhana.
Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan (1) Hasil analisis data kemandirian belajar IPA untuk kategori tinggi sebanyak 12 siswa (17%), kategori sedang 45 siswa (66%) dan kategori kurang sebanyak 12 siswa (17%). Demikian kemandirian belajar kelas IV MIN 3 Ponorogo adalah sedang. (2) Hasil analisis hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 3 Ponorogo untuk kategori baik sebanyak 9 siswa (13%), kategiri sedang 48 siswa (70%) dan kategori kurang sebanyak 12 siswa (17%), sehingga hasil belajar siswa kelas IV MIN 3 Ponorogo adalah sedang. (3) Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh FHitung = 28, 7202 dan FTabel = 3,98 dengan taraf signifikan 0,05% dan koefisien determinan (R2) = 30,004% maka demikian kemandirian belajar berpengaruh sebesar 30,004% terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MIN 3 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:26
Last Modified: 07 Jun 2021 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15392

Actions (login required)

View Item View Item