..(LENGKAPI LEMBAR PENGESAHAN DENGAN TTD DAN STEMPEL ASLI BUKAN SCAN, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS DALAM PROGRAM MUHADHARAH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DI MTSN 3 MAGETAN

Muaf, Faza Saidul (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PENGESAHAN DENGAN TTD DAN STEMPEL ASLI BUKAN SCAN, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS DALAM PROGRAM MUHADHARAH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DI MTSN 3 MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Uplod ethesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan suatu wadah untuk menciptakan sosok manusia yang berpendidikan tanpa melihat latar belakang siswa yang terlibat didalamnya, baik dari segi budaya, sosial, maupun ekonomi. Sekolah menjadi suatu organisasi yang dirancang untuk dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat luas. Dalam hal ini, sekolah harus dapat dikelola dan diberdayakan agar mampu mewujudkan predikat sekolah yang berkualitas dan mampu memproses peserta didik yang pada akhirnya menghasilkan produk. Oleh karena itu merespon dari apa yang terjadi saat ini, siswa harus pandai dan terampil untuk tampil berbicara di depan umum.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti MTsN 3 Magetan, peneliti menemukan beberapa masalah yang perlu dicari solusinya terutama pada program Muḥāḍarah agar dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa. Permasalahan yang terjadi ialah mayoritas siswa, kurang percaya diri untuk menyampaikan ceramah didepan banyak orang. Tujuan penelitian ini ialah upaya pengembangan budaya religius Muḥāḍarah untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa di MTsN 3 Magetan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan program Muḥāḍarah adalah sebagai wadah siswa MTsN 3 Magetan dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan meningkatkan sikap percaya diri mereka. Sekolah juga melihat atau mencari potensi-potensi siswa yang berbakat dalam bidang berpidato untuk mewakili sekolah dalam perlombaan antar sekolah. Program Muḥāḍarah di MTsN 3 Magetan dilaksanakan pada hari jum’at pukul 06.00 – 06.30 sebelum pembelajaran dimulai. Dalam pelaksanaan kegiatan Muḥāḍarah siswa dan guru berkumpul di masjid MTsN 3 Magetan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Setelah kegiatan selesai siswa dan guru melanjutkan pembelajaran sekolah seperti biasa. Hasil dari kegiatan Muḥāḍarah yang dirasakan oleh oleh siswa adalah siswa bisa lebih pandai dan berani dalam berbicara di depan umum, meningkatnya sikap percaya diri siswa setelah melaksanakan program Muḥāḍarah. Dengan begitu siswa juga bisa lebih percaya diri dalam berbagai aspek bukan hanya berbicara di depan umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHLISON EFENDI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:20
Last Modified: 07 Jun 2021 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15388

Actions (login required)

View Item View Item