Pelaksanaan Metode CBSA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di SMPN 1 Jenangan Ponorogo

Ardansyah, Arbi Fahmi (2021) Pelaksanaan Metode CBSA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI E-TESIS 211416012 ARBI FAHMI ARDANSYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ardansyah. Arbi Fahmi. 2021.Pelaksanaan Metode CBSA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di SMPN 1 Jenangan Ponorogo.
Skripsi.Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Metode CBSA, Hasil Belajar, IPS Terpadu
Dalam kegiatan belajar mengajar, pembelajaran dengan metode sangatlah penting
peranannya, karena merupakan alat untuk membuat alur pembelajaran berjalan lancar.
Kurangnya variasi dalam melakukan metode pembelajaran dan metode yang monoton sehingga
kurang menarik gaya belajar siswa di SMPN 1 Jenangan menjadi penyebab hasil belajar rendah.
Dengan metode pembelajaran guru akan lebih mudah berinteraksi dengan siswa.
Metode CBSA adalah panutan pembelajaran yang mengarah kepada pengoptimalisasian
dengan melibatkan intelektual serta emosional siswa dalam proses pembelajaran, dengan
melibatkan fisik siswa apabila diperlukan. Metode CBSA dipilih untuk diterapkan di SMPN 1
Jenangan karena metode CBSA mempunyai kelebihan bagi pendidik yakni untuk mengetahui
gaya belajar masing-masing siswa, seorang pendidik lebih selektif dalam memilih strategi
pembelajaran yang tepat untuk siswa Sedangkan bagi siswa, metode CBSA ini membuat anak
lebih kreatif, aktif, dan mandiri.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaanmetode CBSA
dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII ada pembelajaran IPS terpadu di SMPN 1
Jenangan Ponorogo, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode
CBSA dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran IPS terpadu di
SMPN 1 Jenangan Ponorogo.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
kualitatif.Dimana penelitian dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah.Penelitian
kualitatif ini menggunakan 3 tahapan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode CBSA mengalami
peningkatan yaitu pertama, meningkatkan hasil belajar siswa, karena di kelas VII SMPN 1
Jenangan setelah menggunakan metode pembelajaran CBSA hasil belajar siswa
meningkat.Kedua, respon siswa yang timbul sangat baik karena siswa bisa belajar secara
mandiri. Siswa mulai berani untuk bertanya, mulai mau maju ke depan, berdiskusi, dan
mengerjakan tugas secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 09:33
Last Modified: 04 Jun 2021 09:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15387

Actions (login required)

View Item View Item