PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KITAB AL-HIKAM KARYA SYAIKH IBNU ATHAILLAH AS-SAKANDARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 87 TAHUN 2017

Nurcahyono, Yulianto (2021) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KITAB AL-HIKAM KARYA SYAIKH IBNU ATHAILLAH AS-SAKANDARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 87 TAHUN 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317392_YULIANTO NURCAHYONO_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurcahyono, Yulianto. 2021. Pendidikan Karakter Religius dalam Kitab al-Hikam Karya Syaikh Ibnu Athaillah as-Sakandari dan Relevansinya dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter Religius, Kitab al-Hikam, Perpres No. 87 Tahun 2017.
Pendidikan karakter merupakan upaya sistematis dan terstruktur untuk mengembangkan potensi peserta didik.Pendidikan karakter religius merupakan usaha aktif untuk membentuk suatu sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang pendidikan karakter religius yang terdapat dalam kitab al-Hikam dan merelevansikannya dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1)mendeskripsikan pendidikan karakter religius dalam kitab al-Hikam karya Syaikh Ibnu Athaillah as-Sakandari, (2)mendeskripsikan konsep pendidikan karakter religius dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, dan (3) menganalisis relevansi pendidikan karakter religius dalam kitab al-Hikam dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Penelitian ini merupakan jenis penelitianlibrary research (penelitian pustaka), yaitu telaah mendalam dan kritis untuk memecahkan suatu masalah atau mengungkap suatu karakteristik yang bertumpu pada penelaahan yang mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevandan ditulis oleh pakar atau lembaga tertentu. Selain itu, peneliti jugamenggunakan metode penelitian analisis isi (content analysis), yaitu data-data yang dikumpulkan adalah data-data yang bersifat deskriptif tekstual, maka dalam mengolah data peneliti menggunakan analisis menurut isinya.
Dari analisis tersebut ditemukan hasil sebagai berikut: 1) Konsep pendidikan karakter religius dalam kitab al-Hikam, diantaranya yaitu: a) amal, berserah diri dan ma’rifat kepada Allah Swt.; b) memohon hanya kepada Allah Swt.; c) merendahkan atau meniadakan diri; d)menanamkan sifat ikhlas; dan e) rasa membutuhkan Allah Swt. 2)Penyelenggaraan program penguatan pendidikan karakter religius dalam Perpres nomor 87 tahun 2017 tersebut melatih dan membiasakan peserta didik menerapkan nilai-nilai religius, dan 3) Relevansi dengan hasil karakter religius dalam kitab al-Hikam sesuai dengan tujuan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang akan membentuk karakter religius manusia yang baik, sehingga dapat berinteraksi dengan Allah Swt. maupun makhluk-Nya dan memiliki pribadi yang siap menghadapi tantangan zaman serta mampu menghargai setiap keadaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 09:08
Last Modified: 04 Jun 2021 09:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15383

Actions (login required)

View Item View Item