ENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA MA’ARIF AL MUKARROM KAUMAN SUMOROTO PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Nurseha, Fibian Eka (2021) ENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA MA’ARIF AL MUKARROM KAUMAN SUMOROTO PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316139_FIBIAN EKA NURSEHA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
210316139_FIBIAN EKA NURSEHA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Nurseha, Fibian Eka. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kesiapan Belajar terhadap
Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Aqidah Akhlak di MA Ma’arif Al Mukarrom
Kauman Sumoroto Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ju’ Subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Kesiapan Belajar, Prestasi Belajar
Prestasi belajar merupakan capaian akhir peserta didik yang dapat diamati setelah
melawati proses belajar. Prestasi dan proses belajar adalah satu kesatuan yang tidak dapat
dipisahkan karena prestasi merupakan hasil akhir dari proses belajar. Tidak terjadinya proses
belajar akan berdampak tidak diperolehnya hasil belajar. Proses belajar yang kurang baik juga
menyebabkan perolehan prestasi yang rendah. Berhasil tidaknya prestasi belajar siswa banyak
faktor yang menjadi penyebabnya. Di samping proses belajar, faktor lingkungan keluarga dan
kesiapan belajar peserta didik ikut berkontribusi dalam pencapaian prestasi belajar. Prestasi
belajar siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Al Mukarrom di tahun ajaran 2020/2021 menunjukkan
10 % dari 167 siswa yang berprestasi kurang baik. Hal ini dimungkinkan rendahnya dukungan
lingkungan keluarga dan kurangnya kesiapan siswa dalam setiap proses pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap
prestasi belajar siswa pada pelajaran aqidah akhlak di MA Ma’arif Al Mukarrom Kauman
Sumoroto Ponorogo. (2) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran
aqidah akhlak di MA Ma’arif Al Mukarrom Kauman Sumaroto. (3) pengaruh antara lingkungan
keluarga dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran aqidah akhlak di
MA Ma’arif Al Mukarrom Kauman Sumoroto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 167 siswa dan
semua dijadikan sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan rumus regresi sederhana dan berganda.
Hasil menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap
prestasi belajar siswa MA Ma’arif Al Mukarrom sebesar 7,1% dan 92,9% dipengaruhi oleh
faktor yang lain. (2) Ada pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar
siswa MA Ma’arif Al Mukarrom sebesar 11,3% dan 88,7% dipengaruhi oleh faktor yang lain. (3)
Ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar
siswa MA Ma’arif Al Mukarrom sebesar 11,6% dan 88,4% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:15
Last Modified: 04 Jun 2021 08:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item View Item