..lEMNBAR PENGESAHAN PEMBIMBING & PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN MASIH BELUM BENAR (TTD DIATAS MATEREI)...PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KITAB AL-HIKAM KARYA SYAIKH IBNU ATHAILLAH AS-SAKANDARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 87 TAHUN 2017

Nurcahyonon, Yulianto (2021) ..lEMNBAR PENGESAHAN PEMBIMBING & PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN MASIH BELUM BENAR (TTD DIATAS MATEREI)...PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KITAB AL-HIKAM KARYA SYAIKH IBNU ATHAILLAH AS-SAKANDARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 87 TAHUN 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317392 YULIANTO NURCAHYONO PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurcahyono, Yulianto. 2021. Pendidikan Karakter Religius dalam Kitab al-Hikam Karya Syaikh Ibnu Athaillah as-Sakandari dan Relevansinya dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter Religius, Kitab al-Hikam, Perpres No. 87 Tahun 2017.
Pendidikan karakter merupakan upaya sistematis dan terstruktur untuk mengembangkan potensi peserta didik sehingga mereka mampu tampil sebagai pewaris dan pengembang budaya bangsa yang akan dimiliki peserta didik apabila pengetahuan, kemampuan intelektual, sikap dan kebiasaan, serta keterampilan sosial dapat memberikan dasar untuk secara aktif mengembangkan dirinya sebagai individu, anggota masyarakat, warga negara dan umat manusia. Pendidikan karakter religius merupakan usaha aktif untuk membentuk suatu sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang pendidikan karakter religius yang terdapat dalam kitab al-Hikam dan merelevansikannya dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana konsep pendidikan karakter religius dalam kitab al-Hikam karya Syaikh Ibnu Athaillah as-Sakandari, (2) bagaimanakonsep pendidikan karakter religius dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, (3) relevansi pendidikan karakter religius dalam kitab al-Hikam dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkajikitab al-Hikam karya Syaikh Ibnu Athaillah as-Syakandari dan Perpres nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter, kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Berdasarkan kajian mendalam terhadap rumusan masalah, penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: 1) Konsep pendidikan karakter religius dalam kitab ¬al-Hikam, diantaranya yaitu: a) amal, berserah diri dan ma’rifat kepada Allah Swt.; b) memohon hanya kepada Allah Swt.; c) merendahkan atau meniadakan diri; d)menanamkan sifat ikhlas; dan e) rasa membutuhkan Allah Swt. 2)Penyelenggaraan program penguatan pendidikan karakter religius dalam Perpres nomor 87 tahun 2017 tersebut meliputi pendidikan jalur formal, nonformal, dan informal dengan menekankan pendidikan karakter religius pada peserta didik dengan melatih dan membiasakan peserta didik menerapkan nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun masyarakat. dan 3) Relevansi pendidikan karakter religius dalam kitab ¬al-Hikam dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter, dengan hasil karakter religius dalam kitab al-Hikam sesuai dengan tujuan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang akan membentuk karakter religius manusia yang baik, sehingga dapat berinteraksi dengan Allah Swt. maupun makhluk-Nya dan memiliki pribadi yang siap menghadapi tantangan zaman serta mampu menghargai setiap keadaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:18
Last Modified: 04 Jun 2021 08:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item