Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Prasarana Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik Dan Non Akademik Siswa Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo

Rahmansyah, Rifki Ridho (2021) Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Prasarana Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik Dan Non Akademik Siswa Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210314061 RIFKI RIDHO RAHMANSYAH PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahmansyah, Rifki Ridho . 2021. Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Prasarana Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik Dan Non Akademik Siswa Di MTs Darul Huda Ponorogo . Skripsi. JurusanTarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris. M.Pd.

Kata Kunci : optimalisasi, sarana prasarana dan kemampuan akademik non akademik

Sarana dan prasarana merupakan alat penunjang keberhasilan dalam pelayanan publik, karena jika kedua hal tersebut tidak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan mencapai hasil yang diharapkan. Sarana dan prasarana sekolah merupakan salah satu faktor pendukung dalam mencapai keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Hal ini dapat dicapai jika tersedia sarana dan prasarana yang memadai disertai dengan pengelolaan yang optimal. Penelitian ini settingnya, MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan implementasi manajemen sarana prasarana di MTs Darul Huda Ponorogo. 2) Untuk mendeskripsikan Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Prasarana Madrasah Dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik dan Non Akademik Siswa di MTs Darul Huda mayak Ponorogo.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitianya studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Sumber dalam penelitian ini, kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, meliputi : Reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasilnya adalah: 1) Impelementsi manajemen sarana prasarana di MTs darul Huda Ponorogo adalah: Perencanaan sarana dan prasarana yang ada di MTs Darul Huda Ponorogo dilakukan dengan musyarawah (rapat). Pengadaan sarana dan prasarana MTs Darul Huda Ponorogo. Pemeliharaan (perawatan) dilakukan oleh seluruh masyarakat madrasah. Penghapusan sarana dan prasarana yang ada di MTs Darul Huda Ponorogo dilakukan apa bila sarpras sudah tidak dapat di pakai lagi dan sudah rusak parah. 2) Optimsalisasi pemanfaatan sarana prasarana dalam meningkatkan kemampuan akademik dan non akademik yaitu Dari segi sarana prasarananya sudah mencukupi tetapi untuk pemanfaatannya saya kira masih belum begitu optimal karena ada beberapa yang belum bisa menggunakan dan masih terbatas dalam cara memanfaatkannya. Para siswa sangat terbantu dengan adanya sarana prasarana yang dimiliki oleh MTs Darul Huda Mayak, para siswa lebih mudah paham dalam pembelajaran, lebih muda mengembangkan minat dan bakat yang siswa siswi miliki di MTs Darul Huda Mayak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WARIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:21
Last Modified: 04 Jun 2021 08:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15361

Actions (login required)

View Item View Item