..LEMBAR KEASLIAN TULISAN HARUS BERMATEREI 10.00 DAN TTD & LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA..UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB REMAJA MELALUI KEGIATAN RUTIN TAHLILAN DI DUSUN TANAMAN DESA POLOREJO KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO

Rosad, Muhamad Uhailudin Rifqi (2020) ..LEMBAR KEASLIAN TULISAN HARUS BERMATEREI 10.00 DAN TTD & LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA..UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB REMAJA MELALUI KEGIATAN RUTIN TAHLILAN DI DUSUN TANAMAN DESA POLOREJO KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316138_MUHAMAD UHAILUDIN RIFQI ROSAD_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rosad, Muhamad Uhailudin Rifqi. 2021. Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Remaja Melalui Kegiatan Rutin Tahlilan di Dusun Tamanan Desa Polorejo Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Tahlilan, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab dan Remaja
Penelitian ini dilatar belakangi oleh alasan bahwa tidak hanya lingkungan keluarga dan sekolah saja yang dapat membentuk karakter remaja, melainkan lingkungan masyarakat juga sangat berpengaruh dalam pembentukan karekter remaja, Dimana lingkungan masyarakat yang baik akan menumbuhkan remaja yang baik pula begitu juga sebaliknya. Dalam kegiatan masyarakat sangat erat dengan suatu tradisi, Dari tradisi itulah karakter remaja dapat di bentuk oleh masyarakat salah satunya tradisi tahlilan remaja di Dusun Tamanan Desa Polorejo.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan rutin tahlilan di Dusun Tamanan Desa Polorejo Babadan Ponorogo. (2) Untuk mengetahui bagaimana dampak kegiatan rutin tahlilan terhadap karakter disiplinan remaja di Dusun Tamanan Desa Polorejo Babadan Ponorogo. (3) Untuk mengetahui bagaimana dampak kegiatan rutin tahlilan terhadap karakter tanggung jawab remaja di dusun Dusun Tamanan Desa Polorejo Babadan Ponorogo.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan: wawancara, oservasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah data analisis interkatif Miles dan Huberman, yang meliputi: kegiatan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil analisis menunjukkan: (1) Kegiatan rutin tahlilan remaja di Dusun Tamanan Desa Polorejo di susun dalam serangkaiaan acara yang di pimpin oleh MC. Dalam kegiatan ini memiliki dua fungsi yaitu: fungsi agama hubungan antara remaja dengan tuhan serta fungsi sosial hubungan remaja dengan masyarakat. (2) Dampak dari kegiatan rutin tahlilan terhadap karakter disiplin remaja di Dusun Tamanan Desa Polorejo remaja tepat waktu dalam setiap pelaksanaan kegiatan tahlilan, remaja patuh terhadap aturan yang telah di sepakati, remaja berinteraksi dengan masyarakat dengan berkata sopan dan ramah, remaja berpartisipasi dengan kebudayaan lokal, dan bersikap baik terhadap lingkungan. (3) Dampak kegiatan rutin tahlilan terhadap karakter tanggung jawab remaja dapat di lihat melalui tugas dan kewajibannya untuk sesama manusia yaitu sebagai ketua dan sebagai anggota. Sedangkan tanggung jawab untuk manusia dengan Tuhannya yaitu pelaksanakan kegiatan tahlilan dan sholat Isya berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:32
Last Modified: 04 Jun 2021 08:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item