Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Keteladanan Rasulullah di TPA Al-Mutaqin Buket Bulugunung

Elfiana, Rika (2021) Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Keteladanan Rasulullah di TPA Al-Mutaqin Buket Bulugunung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316026 RIKA ELFIANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Elfiana, Rika. 2021. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Ketedanan Rasulullah Di TPA Al-Mutaqin Buket Bulugunung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pendidikan Agama Islam, Keteladanan Rasulullah.

Ketepatan dalam menerapkan metode untuk kegiatan pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dari keberhasilan kegiatan pembelajaran. Lembaga TPA Al-Mutaqin Buket Bulugunung memilih menerapkan metode pembelajaran demontsrasi untuk diterapkan di lembaganya dengan harapan agar semua tujuan dari pelaksanaan pembelajaran ngaji sore khususnya pelajaran PAI dapat tersampaikan materinya secara maksimal dan dengan cara yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI tentang Keteladan Rasulullah menggunakan metode demonstrasi di TPA Al-Mutaqin Buket Bulugunung. (2) Mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran PAI tentang Keteladan Rasulullah menggunakan metode demonstrasi di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mutaqin Buket Bulugunung. (3) Mendeskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran PAI tentang Keteladanan Rasulullah menggunakan metode demonstrasi di TPA Al-Mutaqin Buket Bulugunung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Prosedur pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, data display dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil: (1) Pelaksanaan pembelajaran metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI di TPA Al-Mutaqin Buket Bulugunung dilaksanakan mulai dari yang pertama perencanaan dan persiapan, kedua pelaksanaan, yang ketiga penutup. (2) Kendala pelaksanaan pembelajaran PAI tentang Keteladan Rasulullah menggunakan metode demonstrasi di TPA Al-Mutaqin Buket Bulugunung terdapat pada perencanaan dan persiapan. Kendala itu muncul diawal penerapan pelaksanaan metode demonstrasi dikarenakan faktor belum adanya pengalaman dalam pelaksanaannya. (3) Hasil pelaksanaan pembelajaran PAI tentang Keteladanan Rasulullah menggunakan metode demonstrasi di TPA Al-Mutaqin Buket Bulugunung menunjukkan keberhasilan dari sikap meneladani Rasulullah, dimana santri yang selalu datang tepat waktu dalam kegiatan TPA ngaji sore, selalu melaksanakan piket dan menjaga sopan santun di depan ustad/ustadzah, serta mentaati segala peraturan yang disepakati oleh santri dan ustad/ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: arif rahman hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:54
Last Modified: 21 Sep 2021 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item View Item