kepemimpinan kolektif kiai dalam meningkatkan kualitas pendidikan (studi kasus di pondok pesantren thoriqul huda babadan ponorogo)

M. SAFEBRIYANSYAH, M. SAFEBRIYANSYAH (2021) kepemimpinan kolektif kiai dalam meningkatkan kualitas pendidikan (studi kasus di pondok pesantren thoriqul huda babadan ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502180033_M. SAFEBRIYANSYAH_MPI.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kolektif yang diterapkan di pondok pesantren adalah kepemimpinan secara bersama-sama oleh para (dewan Kiai sepuh) dari garis kekerabatan (dzurriyyah) dalam suatu organisasi di pondok pesantren. Kepemimpinan kolektif di Pondok Pesantren Thoriqul huda diturunkan kepada anak perempuan beserta anak manantu dengan latarbelakang yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: (1) fungsi instruktif, (2) fungsi konsultatif, dan (3) fungsi partisipasi kepemimpinan kolektif kiai dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Thoriqul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitiatif dengan jenis studi kasus dan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan: (1) Instruktif kepemimpinan kolektif di Pondok Pesantren Thoriqul Huda untuk memberikan motivasi, bimbingan dan arahan kepada para ustadz/ustadzah, pengurus. (2) Konsultatif kepemimpinan kolektif di Pondok Pesantren Thoriqul Huda untuk pengambilan keputusan yang dilakukan dengan secara bermusyawarah bersama (kolektif), yang mana dalam hal ini semua anggota atau pengurus harus ikut terlibat secara langsung. (3) Partisipasi kepemimpinan kolektif di Pondok Pesantren Thoriqul Huda untuk mengaktifkan orang-orang yang dipimpinnya agar dapat ikut serta dalam berbagai kegiatan bahkan dalam pengambilan keputusan maupun pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:34
Last Modified: 04 Jun 2021 07:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15342

Actions (login required)

View Item View Item