Analisis pandangan tokoh masyarakat terhadap penikahan dini akibat hamil di luar nikah di tinjau dari sosiologi hukum (study kasus di desa banjarsari kecamatan dagangan-madiun

Mikasari, Neli Devita (2021) Analisis pandangan tokoh masyarakat terhadap penikahan dini akibat hamil di luar nikah di tinjau dari sosiologi hukum (study kasus di desa banjarsari kecamatan dagangan-madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210114121_NELI DEVITA MIKASARI_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Neli Devita Mikasari,2020, Analisis Pandangan Tokoh Masyarakat Terhadap Pernikahan Dini Akibat Hamil diluar Nikah Ditinjau dari Sosiologi Hukum”(Studi Kasus di Desa Banjarsari Kec.Dagangan-Madiun).Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Udin Safala M.HI.
Kata Kunci: Pernikahan dini, Tokoh masyarakat, Sosiologi Hukum
Penelitian ini mengkaji tentang pandangan tokoh masyarakat terhadap pernikahan dini akibat hamil diluar nikah,pernikahan di usia muda atau pernikahan dini merupakan suatu ikatan lahir batin yang dilakukan oleh seorang pemuda atau pemudi yang belum mencapai batas ideal melakukan pernikahan.
Dengan demikian untuk menjawab skripsi ini peneliti merumuskan masalah antara lain yaitu (1) Bagaimana pandangan tokoh masyarakat terhadap pernikahan dini akibat hamil diluar nikahdi Desa Banjarasari, Dagangan, Madiun?(2) Bagaimanadampak yang terjadi dari pernikahan dini akibat hamil diluar nikah menurut pandangan tokoh masyarakat ditinjau dari sosiologi hukum?
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) . Data primer dari penelitian ini adalah teori tentang penikahan dini,sosiologi hukum, hasil wawancara dari para tokoh masyarakat terhadap pernikahan dini, sedangkan data sekunder adalah buku-buku yang ada hubungannya dengan kajian penilitian.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Pandangan tokoh masyarakat di Desa Banjarsari Dagangan Madiun terhadap pernikahan dini akibat hamil diluar nikah adalah sebagian besar menolak dan tidak setuju dengan adanya hal tersebut terjadi di desanya,karena telah mencoreng dan mencemarkan nama baik desa tersebut. Terkait dengan dampak pernikahan dini akibat hamil diluar nikah menurut tokoh masyarakat dapat diklasifikasi menjadi 3 yaitu 1) Pandangan tokoh masyarakat dikalangan pendidikan, bahwa mereka berpendapat bahwa tidak setuju dengan pernikahan dini akibat hamil diluar nikah. Pandangan tersebut didasarkan bahwa pernikahan dapat menggangu konsentrasi belajar. Maka tokoh masyarakat dari kalangan pendidik termasuk sebagai tipe masyarakat litigasi dan masyarakat yang didominasi oleh hukum.2) Pandangan tokoh masyarakat dikalangan keagamaan, bahwa mereka berpendapat bahwa tidak setuju dengan adanya pernikahan dini akibat hamil diluar nikah,yang mendasari pendapat mereka ini adalah karena hamil diluar nikah termasuk kedalam perbuatan zina. Sehingga berdasarkan pandangan tokoh masyarakat dari kalangan keagamaan ini temasuk tipe masyarakat litigasi dan masyarakat yang didominasi oleh hukum. 3) Pandangan tokoh masyarakat dari kalangan pemerintahan, bahwa kalangan pemerintahan dalam hal ini adalah perangkat desa, mereka mengatakan juga tidak setuju dengan pernikahan dini akibat hamil diluar nikah. Akan tetapi dalam hal ini pernikahan dini dianggap sebagai jalan yang tepat agar anak yang ada dalam kandungan tersebut mempunyai orang tua. Oleh karena itu kalangan tokoh masyarakat dari golongan pemerintah kedalam tipe konsensus

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin safala
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:45
Last Modified: 04 Jun 2021 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15336

Actions (login required)

View Item View Item