telaah kitab ngudi susilo karya kh. bisri musthofa dalam pembentukan akhlak siswa madrasah ibtidaiyah

Zahra, Bahezta Lama'a (2021) telaah kitab ngudi susilo karya kh. bisri musthofa dalam pembentukan akhlak siswa madrasah ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617129_BAHEZTA LAMA'A ZAHRA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zahra, Bahezta Lama’a. 2021. Telaah Kitab Ngudi Susilo Karya KH. Bisri Musthofa Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S. Ag., M.Si.
Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Syi’īr
Pendidikan akhlak merupakan bagian yang penting dalam substansi pendidikan Islam. Dikarenakan dengan adanya akhlak kehidupan sesama manusia menjadi harmonis, damai, dan tentunya akan tercipta suatu kondisi yang dinamakan ketentraman hidup. Diantara kitab yang memuat tentang materi pendidikan akhlaq sehari-hari yaitu Kitab Ngudi Susilo Karya KH. Bisri Mustofa kitab ini berisi syi’ir berbahasa jawa dan menggunakan model penulisan aksara Arab pegon yang memuat tentang materi pendidikan akhlak bagi anak secara umum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu dengan data-data kepustakaan, yakni dengan mengkaji Kitab Ngudi Susilo dan Buku Membina Akidah dan Aklak Kelas 2 Karya Wiyadi kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Adapun Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui Bagaimana Konsep Pendidikan Akhlak di Kitab “Ngudi Susilo” Karya KH. Bisri Musthofa. (2) Bagaimana Konsep Pendidikan Akhlak di Buku Membina Akidah Akhlak kelas 2 Madrasah Ibtida’iyyah. (3) Menganalisa Bagaimana Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Kitab “Ngudi Susilo”, Dengan Buku Membina Akidah Akhlak Kelas 2 Madrasah Ibtida’iyyah.
Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kitab Ngudi Susilo ini sarat akan makna memuat 8 bab yang mengandung pendidikan akhlak yaitu: sebelum bab inti pengarang menulis pendahuluan yang membahas tujuan penyusunan Syi’ir, kemudian diteruskan 8 bab inti bab Ambagi Wektu (Membagi Waktu), bab Ing Pamulangan (Di Sekolahan), bab Mulih Saking Pamulangan (Pulang dari Sekolahan), bab Ana Ing Omah (Di rumah) bab Karo Guru (Dengan Guru), bab Ana Tamu (Ada Tamu), bab Sikap Lan Laku (Sikap dan Laku), bab Cita –Cita Luhur (Cita-Cita Luhur). (2) Buku membina Akidah dan Akhlak kelas 2 Madrasah Ibtida’iyah karya wiyadi terdapat 11 bab / pelajaran yaitu : Kalimat Tayibah 1 (Alḥamdulillāh, membiasakan diri mengucap Alḥamdulillāh), Asmaul Husna 1 (Ar-Razzāq, Al- Hamīd, As-Syakūr), Mengenal Allah Melalui Dalil Aqli ( Mengenal Allah Pencipta Makhluk), Berakhlak Terpuji ( Syukur Nikmat, Hidup Sederaha, Rendah Hati), Beradap Secara Islami 1 (Adab Bersin), Akhlak Tercela 1 ( Sombong Dibenci Allah, Sombong), Kalimat Tayibah 2 ( Tahlil), Asmaul Husna (Al-Quddūs, Aṣ-Ṣamad, Al muhaimin, Al-Badī`), Berakhlak Terpuji 2 ( Jujur, Rajin, Percaya Diri), Beradab Secara Islami 2 (Adab Belajar, Adab Mengaji, Bermain), Akhlak Tercela 2 (Menghindari Sifat Malas, Malas). (3) Adapun Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Kitab “Ngudi Susilo”, Dengan Buku Membina Akidah Akhlak kelas 2 secara sampling terdapat persamaan pada adab belajar dan bermain adapun perbedaanya pada adab mengaji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:32
Last Modified: 04 Jun 2021 07:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15326

Actions (login required)

View Item View Item