Peran Dzikir Dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa Santri Di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Yayasan Hudatul Muna Ponorogo

Megawati, Lulut (2021) Peran Dzikir Dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa Santri Di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Yayasan Hudatul Muna Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
kataM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lulut Megawati, 2021. Peran Dzikir dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Yayasan Hudatul muna Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Ponorogo.
Pembimbingan Muhammad Nurdin, M. Ag.
Kata kunci : Dzikir, Ketenangan Jiwa, Santri.
Untuk mengatasi santri di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Yayasan Hudatul Muna Ponorogo yang merasakan putus asa, kurangnya kesabaran, ikhlasan, pikiran tidak tentram dan gelisah tidak menentu. Karena setiap manusia mempunyai tingkat ketenangan jiwa yang berbeda-beda, sama halnya seperti apa yang dirasakan para santri di Pondok Pesantren Putri Al-Amin yang merasakan penurunan dalam ketenangan jiwanya, sehingga pihak pondok memberikan upaya mengadakan dzikir bersama.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Untuk mendeskripsikan upaya Pondok Pesantren Putri Al-amin Yayasan Hudatul Muna Ponorogo dalam meningkatkan ketenangan jiwa santri. (2) Mendeskripsikan proses dzikir di Pondok Pesantren Al-amin Ponorogo dalam meningkatkan ketenangan jiwa santri. (3) Untuk menjelaskan hasil dari dzikir di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Yayasan Hudatul Muna Ponorogo dalam meningkatkan ketenangan jiwa santri.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, dan memperoleh pemahaman dari kasus tersebut. Dalam studi kasus digunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, studi documenter semuanya difokuskan untuk mendapatkan kesatuan data dan kesimpulan.
(1) Upaya untuk mengatasi santri yang masih merasakan putus asa dalam mengejar tarjet hafalan Al-Qur’an, kurangnya kesabaran dalam menghadapi kedengkian, kurangnya keikhlasan dalam menghadapi cobaan, dan gelisahan dalam pikiran yang tidak tenang. Dengan adanya masalah yang terjadi tersebut, upaya Pondok Pesantren Putri Al-Amin Yayasan Hudatul Muna Ponorogo melakukan kegiatan dzikir bersama setelah sholat ashar bertempat di Mushola Pondok. (2) Proses pelaksanaan dzikir dilakukan setiap Kamis ba’da ashar yang di pimpin oleh Gus Tri Maidana Rohman Fuad. Pelaksanaan dzikir di pondok tersebut sama pada umumnya, yang membedakan adalah bacaan dzikir, makna dari dzikir dan dilaksanakan dengan menggunakan lisan dan hati. (3) Dzikir yang dilakukan di Pondok Pesantren Putri Al-Amin memberikan hasil yang berupa, menumbuhkan jiwa menjadi tenang, menumbuhkan jiwa sabar dalam menghadapi masalah atau ujian, menumbuhkan jiwa optimis tidak mudah berputus asa, menumbuhkan rasa dekat dengan Allah disetiap kehidupan, mempercayai bahwa dalam keadaan slalu aman, dan mempercayai bahwa Allah SWT slalu ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:28
Last Modified: 04 Jun 2021 07:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15324

Actions (login required)

View Item View Item