..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Adab Berpakaian bagi Wanita dalam Kitab Riya>d}us} S}a>lih}i>n Karya Ima>m Abu> Zakariya> Yah}ya> bin Sharaf an-Nawawiy ad-Dimashqiy

Firdasari, Della Masfufaisyah (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Adab Berpakaian bagi Wanita dalam Kitab Riya>d}us} S}a>lih}i>n Karya Ima>m Abu> Zakariya> Yah}ya> bin Sharaf an-Nawawiy ad-Dimashqiy. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315366_Della Masfufaisyah Firdasari_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Della Masfufaisyah Firdasari. 2021. Adab Berpakaian bagi Wanita dalam Kitab Riya>d}us} S}a>lih}i>n Karya Ima>m Abu> Zakariya> Yah}ya> bin Sharaf an-Nawawiy ad-Dimashqiy. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.
Kata kunci: Adab Berpakaian bagi Wanita, Kitab Riya>d}us} S}a>lih}i>n, Ima>m an-Nawawiy
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pakaian di sekitar lingkungan memakai model pakaian crop top yang digunakan oleh sebagian wanita yang mengenal tren pakaian zaman sekarang, yakni pakaian yang atasannya hanya sampai atas pusar, berlengan panjang tetapi ada juga yang berlengan pendek, kemudian bawahannya bisa dengan memakai celana panjang maupun pendek.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui anjuran berpakaian bagi wanita dalam kitab Riya>d}us} S}a>lih}i>n karya Ima>m Abu> Zakariya> Yah}ya> bin Sharaf an-Nawawiy ad-Dimashqiy. (2) Untuk mengetahui larangan berpakaian bagi wanita dalam kitab Riya>d}us} S}a>lih}i>n karya Ima>m Abu> Zakariya> Yah}ya> bin Sharaf an-Nawawiy ad-Dimashqiy. (3) Untuk mengetahui relevansi adabberpakaian bagi wanita dalam kitab Riya>d}us} S}a>lih}i>n karya Ima>m Abu> Zakariya> Yah}ya> bin Sharaf an-Nawawiy ad-Dimashqiy dengan konteks saat ini.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan kajian bersifat kepustakaan, yaitu penelitian yang sumber datanya berasal dari pustaka, dokumen, arsip, dan lain sejenisnya yang dilakukan dengan cara membaca, menelaah, mengolah dan mengembangkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tertulis. Bisa juga diartikan dengan metode penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan melalui tempat-tempat penyimpanan hasil penelitian, yaitu perpustakaan.
Hasilnya penulis menemukan bahwa adab berpakaian bagi wanita dalam kitab Riya>d}us} S}a>lih}i>n yaitu tidak seperti lawan jenis, tidak transparan apalagi sampai membentuk lekuk tubuh. Penelitian ini untuk mendapatkan perbedaan antara cara berpakaian bagi wanita yang ada di dalam kitab Riya>d}us} S}a>lih}i>n dengan konteks saat ini. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa adab berpakaian bagi wanita yakni menutup aurat dan tidak membuat orang yang melihatnya mempunyai pikiran negatif bagi laki-laki yang bukan muhrimnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:01
Last Modified: 04 Jun 2021 07:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15313

Actions (login required)

View Item View Item