peran ustadz dalam meningkatkan disiplin siswa pada saat masa pandemi covid-19 di madrasah diniyah al-uluwiyah desa koripan kecamatan bungkal kabupaten ponorogo

Yatmoko, Yoyok Hadi (2021) peran ustadz dalam meningkatkan disiplin siswa pada saat masa pandemi covid-19 di madrasah diniyah al-uluwiyah desa koripan kecamatan bungkal kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Porogo.

[img]
Preview
Text
210317328_YOYOK HADI YATMOKO_SKRIPSI Dummy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yatmoko, Yoyok Hadi. 2021. Peran Ustadz Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa Pada Saat Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Diniyah Al-Uluwiyah Desa Koripan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M. Ag.

Kata kunci : Peran Ustadz, Disiplin Siswa, Covid-19.

Pentingnya disiplin merupakan salah satu kunci terhindarnya dampak dari pandemi covid-19. Oleh karena itu, sudah sepantasnya disiplin siswa diterapkan pada pendidikan baik itu formal maupun non formal, terutama saat masa pandemi covid-19 ini. Penelitian ini memiliki peran penting sebagai informasi ilmiah yang akan memperkaya ilmu pengetahuan tentang peran ustadz dalam meningkatkan disiplin siswa di Madrasah Diniyah Al-Uluwiyah.
Tujuan dalam penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui kedisiplinan siswa pada saat masa pandemi covid-19 di Madrasah Diniyah Al-Uluwiyah. (2) untuk mengetahui peran Ustadz dalam meningkatkan disiplin siswa pada saat masa Pandemi covid-19 di Madrasah Diniyah Al-Uluwiyah. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan disiplin siswa pada saat masa pandemi covid-19 di Madrasah Diniyah Al-Uluwiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini terdiri dari: (1) Reduksi data yang berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya dan membuang yang tidak perlu. (2) Penyajian Data/ Data Display yang berarti menampilkan kembali data dalam bentuk kata-kata. (3) Conclusion Drawing/ Verification / Penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan berdasarkan indikator disiplin, (1) Kedisiplinan saat ini di Madrasah Diniyah Al-Uluwiyah dapat dikatakan sudah baik, namun masih ada anak yang melanggar peraturan walaupun dari segi jumlahnya tidak seberapa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini sikap disiplin tidak dapat diterapkan seratus persen dengan sempurna. (2) Adapun peran ustadz dalam mengatasi disiplin siswa di Madrasah Diniyah Al- Uluwiyah ini secara teoritis sebagai ustadz sudah menjalankan tugasnya dengan baik, yaitu sebagi fasilitator, sebagai suri tauladan, dan sebagai motivator anak- anak. (3) dalam faktor pendukung kedisiplinan di Madrasah Diniyah Al-Uluwiyah ini terbagi menjadi dua yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Pada faktor intern, pertama dipengaruhi keinginan yang kuat dari guru itu sendiri. kedua, dipengaruhi oleh keinginan dari anak-anak itu sendiri untuk ikut belajar mengaji. Pada Faktor Ekstern, dipengaruhi oleh faktor lingkungan yaitu temannya sendiri. Ke-dua, faktor orang tua untuk mengikutkan anaknya di Madrasah Diniyah. Adapun pada faktor penghambat dalam penerapan disiplin siswa ini memang dari anaknya sendiri sehingga agak susah diatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:35
Last Modified: 04 Jun 2021 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15312

Actions (login required)

View Item View Item