konsep penguatan pendidikan karakter dalam permendikbud no.20 tahun 2018 pasal 2 dan relevansinya dengan al-qur’an surat al-an’am ayat 151-153 (kajian tafsir jalalain)

Faturohim, Mu'alief Mahmud (2021) konsep penguatan pendidikan karakter dalam permendikbud no.20 tahun 2018 pasal 2 dan relevansinya dengan al-qur’an surat al-an’am ayat 151-153 (kajian tafsir jalalain). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316357_MU'ALIEF MAHMUD FATUROHIM_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Faturohim, Mu’alief Mahmud. 2021. Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Permendikbud No. 20 Tahun 2018 Pasal 2 Dan Relevansinya Dengan Al-Qur’an Surat Al-An’am Ayat 151-153 (Kajian Tafsir Jalalain). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq’ Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Surat Al-An’am Ayat 151-153.
Pendidikan karakter merupakan perubahan prilaku seseorang mulai dari lahir hingga dewasa. Pendidikan Karakter sangat penting bagi peserta didik, karena pendidikan karakter sangat berpengaruh terhadap sikap baik siswa dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Berbicara tentang pendidikan karakter didalam Permendikbud No.2 tahun 2018 pasal 2 dijelaskan mengenai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Sebagai orang Islam, maka pendidikan karakter tidak lepas dari nilai-nilai pendidikan dalam Al-Qur’an, yang salah satunya terdapat dalam surat Al-An’am ayat 151-153. Untuk itu, peneliti tertarik untuk menelaah lebih lanjut tentang Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Permendikbud No. 20 Tahun 2018 Pasal 2 Dan Relevansinya Dengan Al-Qur’an Surat Al-An’am Ayat 151-153 (Kajian Tafsir Jalalain)
Tujuan penelitian ini adalah, 1. Untuk mengetahui Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terkandung dalam Permendikbud No. 20 Tahun 2018 Pasal 2, 2. Untuk mengetahuiAnalisis Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terkandung dalam Permendikbud No. 20 Tahun 2018 Pasal 2 dan Relevansinya dengan Surat Al-An’am ayat 151-153.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakan (Library Research), dengan sumber data kitab Tafsir Jalalain. Pengumpulan data dengan cara linier. Adapun teknik analisis pengumpulan data yang di gunakan adalah analisis isi (Content analysis). Content analysis adalah setiap prosedur sistematis yang dirancang untuk mengkaji isi informasi terekam. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkannya kedalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, dan membuat kesimpulan. Setelah memperoleh data kemudian direlevansikan dengan surat Al-An’am Ayat 151-153 yang dipelajari dalam kajian Tafsir Jalalain. Hasil akhir analisis ini adalah Konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Permendikbud No. 20 Tahun 2018 Pasal 2 dan relevansinya dengan Surat Al-An’am ayat 151-153.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Permendikbud No.20 Tahun 2018 Pasal 2 terdapat 18 Nilai Karakter Pendidikan (Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial dan Tanggung Jawab) dan 5 Nilai Utama Karakter Pendidikan (Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong royong, dan Integritas).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq’ Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:51
Last Modified: 04 Jun 2021 06:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15309

Actions (login required)

View Item View Item