Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pengupahan Pekerja di UD Jaya Sentosa Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo

Alfikr, Yazid (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pengupahan Pekerja di UD Jaya Sentosa Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
YAZID UPLOAD 1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Al Fikri, Yazid 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pengupahan Pekerja Di UD. Jaya Sentosa Desa Babadan Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Juanidi,M.H.I
Kata Kunci/Keyword : Hukum Islam, Upah, Al- Ijārah
Praktik upah pekerja dalam bekerja merupakan suatu hal yang harus jelas sistem dan ketentuannya. Perjanjian tentang upah harus bersikap jujur agar tercapai suatu keadilan antara kedua belah pihak. Dalam akad kerja menjadi sopir di UD. Jaya Sentosa Babadan Ponorogo tidak ada perjanjian tertulis atau akad tertulis, akad hanya dibicarakan secara lisan. Pada perjanjian tidak membahas mengenai upah. Pada umumnya sopir pendapatan upah sesuai dengan besaran UMR di kota tersebut dan apabila mengirimkan barang ke tempat pesanan barang maka mendapatkan upah tambahan. Tetapi di UD. Jaya Sentosa Babadan Ponorogo sistem pengupahan sopir truk mixer sendiri tergantung dari berapa banyak dan seberapa jauh sopir tersebut mengirimkan beton ke proyek.
Pemberlakuan upah kerja bagi karyawan tidak terlepas dari ketentuan hukum islam mengenai hak upah pekerja. Sehingga penelitian ini mengacu pada pokok masalah; (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap model akad sopir perusahaan di UD. Jaya Sentosa Babadan Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap sistem penetapan besaran upah sopir perusahaan di UD. Jaya Sentosa Babadan Ponorogo?
Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunkan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan. Teori yang digunakan adalah Ijārah.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat memberikan hasil kesimpulan sebagai berikut: (1) model akad kerja sopir perusahaan di UD. Jaya Sentosa Babadan Ponorogo diperbolehkan karena dari aspek syarat dan rukun sudah terpenuhi walaupun tidak terdapat perjanjian tertulis. (2) sistem penetapan besaran upah sopir di UD. Jaya Sentosa Babadan Ponorogo diperbolehkan karena karena masuk dalam kategori upah yang sudah di sebutkan (ujrah al-musamma) dimana upah disebutkan sebelum akad dengan system harian dan upah yang sepadan (ujrah al mithli) yang dimana pemberian upah berdasarkan volume kerja, karena perjanjian kerja borongan dan masuk dalam jenis upah Perburuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:52
Last Modified: 04 Jun 2021 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15308

Actions (login required)

View Item View Item