..LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Upah Dalam Kegiatan Pederesan Getah Pinus Di Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mrayan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Nurwahyudi, Eko Agus (2021) ..LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA..Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Upah Dalam Kegiatan Pederesan Getah Pinus Di Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mrayan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-converted.pdf

Download (932kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
AgusNurwahyudi, Eko. 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Upah Dalam Kegiatan Penderesan Getah Pinus Di Resort Pengelolaan Hutan (Rph) Mrayan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.Pembimbing Dr. Hj. RohmahMaulida, M.Ag
Kata Kunci :Transaksi, Timbangan, Penderesan.
Ija>rah adalah pemilikkan jasa dari seorang yang menyewakan(mu’a{jji>r) oleh orang yang menyewa(musta{’ji>r),serta pemilikan harta dari pihak musta{’ji>r oleh seorang mu’a{jjir>. Dengan demikian,ija>rah berarti merupakan ija>rah transaksi terhadap jasa tertentu, dengan disertai kompensasi tertentu pula, yaitu terdiri atas ijab danqabul.Dalam hukum perjanjian Islam ija>b dan qabu>l dapat melalui:
1.ucapan, 2. Utusan dan tulisan, 3. isyarat, 4. secaradiam-diam, 5. Dengan diam semata. Dalam jual beli harus dilakukan secara suka sama suka, adil, jujur, dan saling percaya dan terhindar dari unsur-unsur penipuan, ketidakjelasan serta merugikan salah satu pihak. Sikap demikian dapat dibuktikan dengan menyempurnakan takaran dan timbangan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Penetapan Harga dalam system upah getah pinus di Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mrayan Kecamatan Ngrayun ? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Penetapan Timbangan dalam system upah getah pinus di Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mrayan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan).Pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan metode induktif, yaitu pembahasan yang diawali dengan pengamatan terlebih dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Skripsi ini menyimpulkan pertama, penetapan harga dalam system upah getah pinus di Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mrayan Kecamatan Ngrayun tidak sah menurut hokum islam, karena ada penundaan yang tidak sesuai dengan ijab dan qabul. Kedua, penetapan timbangan dalam system upah getah pinus di Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mrayan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo tidak sah menurut hokum islam, karena tidak sesuai dengan besar timbangan yang telah disepakati

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:57
Last Modified: 04 Jun 2021 06:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15307

Actions (login required)

View Item View Item