PROMO SHOPEE SERBA 10 RIBU OLEH CUSTOMER DI PONOROGO DALAM PERSPEKTIF FIQH

Khoiriyah, Khikmatul (2021) PROMO SHOPEE SERBA 10 RIBU OLEH CUSTOMER DI PONOROGO DALAM PERSPEKTIF FIQH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210214155_Khikmatul Khoiriyah_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khoiriyah, Khikmatul. 2021. Promo Shopee Serba 10 Ribu oleh Customer di Ponorogo dalam Perspektif Fiqh.Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.

Kata Kunci : Promo Shopee, wanprestasi, perspektif fiqh

Penelitian ini berangkat dari adanya penyelenggaran promo dalam aplikasi Shopee. Pelaksanaan promo dengan sistem pembayaran awal senilai Rp. 10.000, bertujuan untuk menarik minat para pengguna Shopee. Penerimaan barang dilakukan dengan sistem Shopee, para pengguna yang ingin mengikuti promo tersebut diharuskan mengikuti mekanisme promo Shopee dari awal hingga pembayaran di muka senilai Rp. 10.000, setiap sebelum pukul 11.59 WIB di hari berikutnya. Promo ini akan dimenangkan oleh pembeli terpilih dari pihak Shopee dan bagi yang bukan sebagai pembeli terpilih uang akan dikembalikan sesuai yang dibayarkan. Namun, dalam prakteknya terdapat pengguna yang mengikuti promo tersebut dan tidak menjadi pembeli terpilih tetapi uang yang dibayarkan tidak dikembalikan.
Dari ulasan di atas ada beberapa permasalahan yang penulis hendak kaji, yaitu: (1) Bagaimana perspektif fiqh terhadap akad promo Shopee serba 10 ribu oleh customer di Ponorogo? (2) Bagaimana perspektif fiqh terhadap penyelesaian wanprestasi promo Shopee serba 10 ribu oleh customer di Ponorogo?
Penelitian ini jika dilihat dari sumber data digunakan jenis penelitian lapangan (field research) artinya, penelitian yang obyek penelitiannya mengenai gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi pada kelompok masyarakat. Pendekatan dalam penelitian ini jika dilihat dari sudut penelitian hukum adalah pendekatan normatif, yaitu mendekati masalah yang diteliti dengan melihat dampak manfaat dan mudarat dari akad promo dengan menggunakan teori muamalat, sehingga persoalan yang ada dalam akad promo dapat sesuai dengan hukum bisnis Islam atau tidak.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, (1) akad promo Shopee serba 10 ribu oleh customer di Ponorogo dalam perspektif fiqh merupakan akad undian dengan mengeluarkan biaya yang diperbolehkan karena tidak merugikan orang lain atau disebut dengan undian bersyarat. (2) wanprestasi promo Shopee serba 10 ribu oleh customer di Ponorogo telah diselesaikan melalui jalan damai (sulhu) dengan cara arbitrase (tahkim) dari pihak pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149903 Heterodox Economics
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:40
Last Modified: 04 Jun 2021 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15301

Actions (login required)

View Item View Item