Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Covid-19 Kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo

Rahmawati, Khoirul (2021) Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Covid-19 Kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617066_KHOIRUL RAHMAWATI_PGMI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Khoirul. 2021. Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Covid-19 Kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi guru, mandiri, tanggung jawab, pembelajaran jarak jauh.
Strategi guru dalam memanfaatkan pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 untuk memenuhi pembentukan karakter mandiri dan tanggung jawab anak sangat diperlukan. Keterbatasan dan kendala yang dialami di lapangan memungkinkan guru dalam berinovasi untuk menyesuaikan dengan keadaan yang tengah terjadi. SDN 1 Sawoo Ponorogo merupakan sekolah yang menerapkan pembelajaran jarak jauh saat pandemi ini. Dari penerapan pembelajaran jarak jauh tersebut muncullah masalah. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti strategi guru dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo, dan 3) mendeskripsikan hasil yang diperoleh dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk menemukan data peneliti menggunakan wawancara kepada Kepala sekolah, wali kelas, dan siswa, selebihnya data observasi dan dokumentasi dari SDN 1 Sawoo Ponorogo. Teknik analisis data adalah analisis dari Sugiyono yaitu reduksi data, penyajian data, dan verification.
Dari penelitian ditemukan bahwa 1) strategi guru dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo adalah pembelajarannya lebih mengacu pada life skill, video call, dan komunikasi yang intens antara guru dan wali murid. 2) Faktor pendukung dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo yaitu orang tua siswa memahami situasi dan kondisi saat ini, orang tua bisa menghandle kuota internet yang dibutuhkan anaknya, dan sinyal mendukung. Faktor pemghambat dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo yaitu terdapat siswa yang tidak memiliki HP, tidak semua guru menguasai IT, dan komunikasi jarak jauh antara siswa dan guru. 3) Hasil yang diperoleh dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo terlihat jika ada kerjasama antara guru dan orang tua. Siswa akan semakin mandiri jika dalam pengawasan orang tuanya selama pembelajaran berlangsung. Untuk karakter tanggung jawab kita bisa bertanya kepada orang tua siswa, guru harus menjalin komunikasi bersama dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:40
Last Modified: 04 Jun 2021 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15300

Actions (login required)

View Item View Item