Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Biting

Silviyana, Mega (2021) Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Biting. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316036_SKRIPSI_MEGA SILVIYANA NEWW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Silviyana, Mega. 2021. Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Biting.Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Zeni Murtafiati Mizani, M. Pd. I.
Kata kunci:Upaya Sekolah, Kualitas Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan para orang tua saat ini yang menginginkan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya. Para orang tua tidak hanya ingin jika sang anak hanya unggul dalam mata pelajaran umum saja, akan tetapi para orang tua juga menginginkan putra-putri mereka agar unggul pula dalam mata pelajaran agama.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan dari penelitian di SDN 1 Biting ini adalah untuk mengetahui: 1) upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Biting, 2) Respon orang tua terhadap peran yang dilakukan oleh SDN 1 Biting dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakana wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian di SDN 1 Biting dapat diketahui bahwa (1)upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah SDN 1 Biting dalam rangka meningkatkan kualitas PAI adalah dengan carasekolah memberikan pembelajaran yang mendidik terhadap siswa, sekolah memberikan program penunjang keagamaan bagi siswa, sekolah berupaya menyediakan sarana dan prasarana guna menunjang pembelajaran.(2) Respon orang tua terhadap upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas PAI adalahorang tua merasa senang dan mendukung dengan adanya program penunjang dari sekolah yang dapat membuat hasil belajar siswa meningkat terutama dalam mata pelajaran agama Islam, bentuk partisipasi orang tua siswa adalah dengan meluangkan waktu untuk menemani anak belajar saat di rumah serta menyukupi keperluan belajar siswa guna menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ZENI MURTAFIATI MIZANI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:26
Last Modified: 04 Jun 2021 06:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15290

Actions (login required)

View Item View Item