Pengaruh Religiusitas dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Sosial Remaja di Dusun Salam Desa Bandar

Ardiansyah, Eka Yunita (2021) Pengaruh Religiusitas dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Sosial Remaja di Dusun Salam Desa Bandar. Undergraduate (S1) thesis, IIAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317211 EKA YUNITA ARDIANSYAH_e-thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perilaku sosial adalah aktifitas fisik atau psikis seseorang terhadap orang lain atau sebaliknya dalam rangka memenuhi kebutuhan diri atau orang lain yang sesuai dengan tuntutan sosial. Perilaku sosial menunjukkan kemampuan untuk menjadi orang yang bermasyarakat. Fakta dilapangan bahwa sebagian remaja di Dusun Salam Desa Bandar Pacitan menunjukkan perilaku sosial yang kurang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku sosial, yaitu faktor internal religiusitas dan kecerdasan emosional. Keagamaan atau religiusitas merupakan suatu sikap atau kesadaran yang muncul yang didasarkan atas keyakinan atau kepercayaan seseorang terhadap suatu agama. Seseorang yang memiliki pemahaman agama yang luas, pasti juga memiliki perilaku sosial yang baik. Kecerdasan emosional yaitu suatu kemampuan yang dimiliki individu berupa motivasi untuk merubah suatu tindakan yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh yang signifikan religiusitas terhadap perilaku sosial remaja di Dusun Salam Desa Bandar, (2) mengetahui pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi terhadap perilaku sosial remaja di Dusun Salam Desa Bandar, (3) mengetahui pengaruh yang signifikan antara religiusitas dan kecerdasan emosi terhadap perilaku sosial remaja di Dusun. Salam, Desa. Bandar, Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian remaja Dusun Salam Desa Bandar Pacitan berjumlah 35 dari 173 remaja. Penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan religiusitas terhadap perilaku sosial remaja di Dusun Salam Desa Bandar Pacitan dengan hasil perhitungan uji T diperoleh t_hitung > t_tabel = 6,795 > 2,036 dan Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan presentase pengaruh sebesar 58,3% sedangkan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. (2) ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosi terhadap perilaku sosial remaja di Dusun Salam Desa Bandar Pacitan dengan hasil perhitungan uji T diperoleh t_hitung > t_tabel = 4,382 > 2,036 dan Sig. 0.000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan presentase pengaruh sebesar 36,8% sedangkan sisanya 63,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. (3) ada pengaruh yang signifikan religiusitas dan kecerdasan emosi terhadap perilaku remaja di Dusun Salam Desa Bandar Pacitan dengan hasil perhitungan uji F diperoleh F_hitung > F_tabel = 23,206 > 3,28 dan Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan presentase pengaruh sebesar 59,2% sedangkan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:25
Last Modified: 04 Jun 2021 06:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item View Item