Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Pada Era Pandemi Covid-19

Lestari, Indah (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Pada Era Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESIS INDAH LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
LESTARI, INDAH. 2021. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru pada Era Pandemi Covid-19. (Penelitian Kualitatif di MAN 2 Ponorogo). Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M. Ag.

Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Motivasi Kerja

Pada masa pandemi ini, terjadi berbagai perubahan yang ada di masyarakat. Pada bidang pendidikan, perubahan terjadi pada sistem pembelajaran di mana yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka tetapi pada saat ini dilakukan secara daring/online. Dari adanya perubahan tersebut tentunya guru dituntut untuk dapat menguasai teknologi. Oleh karena itu, motivasi kerja dari kepala madrasah untuk guru sangat diperlukan pada masa pandemi ini. MAN 2 Ponorogo merupakan salah satu madrasah unggulan yang ada di kabupaten Ponorogo dan pastinya mengalami perubahan dari pandemi. Salah satu perubahan yang di alami yaitu strategi kepemimpinan kepala madrasah yaitu yang pada awalnya kepala madrasah memantau langsung kerja guru di dalam kelas, pada masa pandemi ini menggunakan aplikasi. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti memilih judul kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada era pandemi covid-19 di MAN 2 Ponorogo.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada era pandemic covid-19 di MAN 2 Ponorogo, memaparkan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada era pandemi covid-19 di MAN 2 Ponorogo, serta mendeskripsikan dan menganalisis hasil kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada era pandemi covid-19 di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Di mana peneliti turun langsung ke lapangan dan mengamati keadaan yang terjadi, berdasarkan rumusan masalah yang telah disusun. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan peneliti untuk analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan : (1) Strategi kepemimpinan kepala madrasah untuk meningkatkan motivasi kerja guru pada era pandemi covid-19 di MAN 2 Ponorogo, menekankan pada hubungan saling peduli dan ketergantungan yang dihasilkan dari pelaksanaan dan komitmen bersama. Strategi kepemimpinan, monitoring dan supervisi pada masa pandemi dilakukan menggunakan aplikasi. Beberapa kegiatan yang diadakan kepala madrasah untuk meningkatkan motivasi kerja guru yaitu Webinar Online, Literasi, dan MGMP Internal. (2) Gaya kepemimpinan kepala madarasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada era pandemi covid-19 di MAN 2 Ponorogo adalah gaya demokratis. Kepala madrasah bermusyawarah dengan bawahan pada setiap pengambilan keputusan. Menerima saran dari bawahan. Memberi kebebasan kepada bawahan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk peserta didik. Menjadi mediator pada saat terjadi permasalahan pada bawahan. (3)Hasil kepemimpinan madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada era pandemi covid-19 sangat baik dibuktikan dengan adanya salah satu ciri motivasi yaitu pengembangan diri sehingga mampu memotivasi guru pada era pandemi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:20
Last Modified: 04 Jun 2021 06:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15263

Actions (login required)

View Item View Item