Manajemen Peserta Didik dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pagotan

Christianto, Anwar (2021) Manajemen Peserta Didik dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pagotan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502190054_ANWAR CHRISTIANTO_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah yang ditimbulkan akibat rendahnya mutu lulusan. Rendahnya mutu lulusan di Indonesia yang salah satu penyebabnya adalah masih belum diterapkannya manajemen peserta didik yang baik. Madrasah Diniyah sebagai lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan tengah berupaya melakukan berbagai inovasi agar tidak tertinggal dengan perkembangan lembaga. Manajemen peserta didik diperlukan dalam upaya mengoptimalkan pengaturan terhadap peserta didik mulai dari masuk hingga kelulusan guna meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di madrasah diniyah. Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pagotan telah menerapkan pengaturan peserta didik berdasarkan manajemen peserta didik yang baik dalam meningkatkan mutu lulusannya.
Penelitian ini bertujuan: (1) menjelaskan pelaksanaan manajemen peserta didik dalam peningkatan mutu lulusan pada Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin (MDHM) Pagotan, (2) menjelaskan kontribusi pelaksanaan manajemen peserta didik dalam peningkatan mutu lulusan pada Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin (MDHM) Pagotan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah single case study yakni penelitian yang digunakan untuk satu kasus/tempat atau subjek studi yang memiliki social situation unik. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik : wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis menurut Miles Matthew dan A. Michael Huberman.
Hasil penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan manajemen peserta didik meliputi empat tahap, yaitu planning yang mencakup analisis kebutuhan peserta didik dengan menyesuaikan daya tampung yang ada, penyusunan program; organizing yang mencakup rekruitmen dengan pembentukan panitia dan pembuatan brosur; actuating yang mencakup penerimaan dengan sistem promosi dan seleksi, seleksi menggunakan tes tulis, tes lisan dan tes praktik, orientasi dilakukan sehari dengan pemberian informasi dan arahan terakit aturan dan tata tertib madrasah, pengelompokkan dengan sistem kelas, pembinaan dan pengembangan meliputi kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler; controlling yang meliputi pencatatan kehadiran dan ketidakhadiran dalam buku absensi, pencatatan dan pelaporan ditulis dalam formulir pendaftaran, buku induk, klapper, buku nilai, rapot dan ijasah; (2) kontribusi pelaksanaan manajemen peserta didik yakni meningkatkan prestasi akademik, meningkatkan prestasi non akademik dan meningkatkan kualitas lulusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:18
Last Modified: 04 Jun 2021 04:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15248

Actions (login required)

View Item View Item