Penerapan Media Video Dan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Pembelajaran IPA Kelas VI Al-Farabi MIN 2 Ponorogo)

F., Unzilatur Rochmah (2021) Penerapan Media Video Dan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Pembelajaran IPA Kelas VI Al-Farabi MIN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fulltext_Unzilatur Rochmah F_21061798_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rochmah F, Unzilatur. 2021. Penerapan Media Video Dan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Pembelajaran IPA Kelas VI Al-Farabi MIN 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.I
Kata kunci: Media Pembelajaran, Google Form, Video Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran IPA.
Mewabahnya virus corona di Indonesia yang semakin meningkat membuat sektor pendidikan seperti sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Dalam hal ini salah satu sekolah dasar di Indonesia, MIN 2 Ponorogo juga menerapkan pembelajaran daring yang diberlakukan oleh pemerintah. Implementasi pembelajaran daring di MIN 2 Ponorogo dilaksanakan dengan berbantuan media pembelajaran berbasis online. Dalam hal ini salah satu media yang diterapkan adalah aplikasi Google Form. Penggunaan media Google Form dalam pembelajaran diyakini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA, selain itu pembelajaran menjadi lebih efektif dan inovatif.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA melalui media video dan google form, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat media video dan google form terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA, 3) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran IPA melalui media video terhadap hasil belajar peserta didik melalui media video dan google form pada kelas VI al-farabi di MIN 2 Ponorogo.
Untuk memecahkan uraian di atas, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan, dilanjutkan dengan menentukan kredibelitas data menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran IPA melalui media video dan google form memudahkan bagi seorang pengajar untuk menyampaikan informasi berupa materi kepada siswa. Tujuan dari implementasi aplikasi video dalam pendidikan ialah untuk memanipulasi keabstrakan modul serta konsep yang terdapat pada pelajaran IPA. 2) faktor pendukung dari sisi ketersediaan infrastruktur salah satunya adalah mudah diaskes melalui perangkat komputer dan smartphone, selain itu google form dapat diaskes dimana dan kapan saja. Penerapan media video dan google form dalam pelaksanaan pembelajaran IPA memiliki nilai positif tersendiri bagi siswa hal ini dibuktikan melalui tayangan video siswa dengan mudah memecahkan konsep yang sifatnya masih abstrak. Adapun faktor penghambat dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan kemampuan menjalankan media video dan google form itu sendiri. Selain itu perangkat yang dimiliki oleh siswa belum mendukung. 3) efektivitas pembelajaran IPA melalui media video dan google form terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas VI sangat efektif karena dapat mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas dan mengumpulkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:13
Last Modified: 04 Jun 2021 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item View Item