..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG)..PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KARAKTER KREATIF MAHASISWI IAIN PONOROGO YANG BERMUKIM DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO

Hidayanti, Sanita Nur (2021) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG)..PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KARAKTER KREATIF MAHASISWI IAIN PONOROGO YANG BERMUKIM DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317274_SANITA NUR HIDAYANTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karakter kreatif adalah sikap yang ada dalam diri setiap individu untuk menciptakan hal-hal yang baru. Kreatif dimaknai dengan berfikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara dari sesuatu yang telah dimiliki. Namun, masih banyak fenomena yang menunjukkan kurangnya karakter kreatif diri mahasiswi dalam proses perkuliahan. Sebagian besar mahasiswi lebih pasif ketika proses perkuliahan berlangsung dan pengerjaan tugas-tugas dalam perkuliahan tidak maksimal, mahasiswi merasa bahwasannya tugas-tugas yang diberikan oleh dosen begitu membosankan dan merasa tidak tertantang dengan tugas yang diberikan tersebut sehingga dalam pengerjaan tugas mereka mengerjakan seadanya. Diantara banyaknya mahasiswi yang memiliki tingkat karakter kreatif yang rendah, ada dua faktor yang dapat meningkatkan karakter kreatif diantaranya pertama, faktor keadaan pembelajaran adalah situasi saat pembelajaran yang mendorong timbulnya pertanyaan, menghasilkan sesuatu, tanggungjawab, disiplin, dan mandiri. Kedua, faktor rangsangan lingkungan adalah situasi yang menekan inisiatif diri untuk menggali, mengamati, bertanya, memperkirakan, mengkomunikasikan, perhatian dari orang tua, stimulasi dari lingkungan, dan motivasi belajar dalam diri maupun dari luar.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh dari kedisiplinan terhadap karakter kreatif mahasiswi IAIN Ponorogo yang bermukim di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (2) pengaruh dari motivasi belajar terhadap karakter kreatif mahasiswi IAIN Ponorogo yang bermukim di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (3) pengaruh dari kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap karakter kreatif mahasiswi IAIN Ponorogo yang bermukim di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan noneksperimen dan metode yang digunakan adalah ekspos fakto. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 80 responden dari jumlah populasi 134 mahasiswi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian, ditemukan: (1) kedisiplinan secara signifikan berpengaruh terhadap karakter kreatif mahasiswi IAIN Ponorogo yang bermukim di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo sebesar 25,3%, (2) motivasi belajar secara signifikan berpengaruh terhadap karakter kreatif mahasiswi IAIN Ponorogo yang bermukim di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo sebesar 31,4%, (3) kedisiplinan dan motivasi belajar secara signifikan berpengaruh terhadap karakter kreatif mahasiswi IAIN Ponorogo yang bermukim di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo sebesar 35,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:11
Last Modified: 04 Jun 2021 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15239

Actions (login required)

View Item View Item