EVALUASI ASPEK PSIKOMOTORIK SISWA KELAS X PADA METODE BANDONGAN DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS (STUDI KASUS DI MA DARUL HUDA PONOROGO).

Febrianti, Rizki Dinar (2021) EVALUASI ASPEK PSIKOMOTORIK SISWA KELAS X PADA METODE BANDONGAN DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS (STUDI KASUS DI MA DARUL HUDA PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E-THESES DINAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Febrianti, Rizki Dinar. 2021. evaluasi aspek psikomotorik siswa kelas X pada metode bandongan dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadis (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo).

Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Arif Wibowo, M.Pd.I.

Kata Kunci: evaluasi aspek psikomotorik, pelajaran Al-qur’an Hadis, metode bandongan

Penelitian ini dilatar belakangi pada saat ini kebanyakan diberbagai lembaga pendidikan guru hanya menilai pada aspek kognitif dan aspek afektif saja. Bukti dari penilaian kognitif dan afektif yakni semua penilaian di ukur hanya dengan angka, raport dan ijasah. Sementara aspek psikomotorik kurang diperhatikan oleh guru dan lembaga pendidikan. Padahal seharusnya ketiga aspek tersebut mendapatkan porsi yang seimbang dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini berawal dari beberapa pengamatan di MA Darul Huda Ponorogo yang mana pada kegiatan evaluasi pembelajaran metode bandongan dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadis guru menggunakan evaluasi aspek psikomotorik yakni penilaian yang menekankan pada keterampilan atau kemampuan bertindak setelah peserta didik menerima pengalaman belajar pada metode bandongan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan evaluasi aspek psikomotorik siswa kelas X pada metode bandongan dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadits (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo), (2) untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi aspek psikomotorik siswa kelas X pada metode bandongan dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadits (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo), (3) untuk mengetahui kendala dan solusi dalam pelaksanaan evaluasi aspek psikomotorik siswa kelas X pada metode bandongan dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadis (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo). Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini, yaitu (1) perencanaan evaluasi aspek psikomotorik siswa kelas X pada metode bandongan dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadits (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo) di sini terdapat 3 hasil belajar aspek psikomotrik yaitu spesific responding, motor chaining, dan rule using. Dan 5 tahapan pada hasil belajar aspek psikomotorik yaitu imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi. (2) pelaksanaan evaluasi aspek psikomotorik siswa kelas X pada metode bandongan dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadits (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo) di sini menggunakan 3 hasil belajar aspek psikomotorik yaitu spesific responding, motor chaining, dan rule using. Dan 5 tahapan pada hasil belajar aspek psikomotorik yaitu imitasi, manipulasi, presisi, naturalisasi. Kemudian untuk instrumen penilaian menggunakan tes paper and pencil untuk penilaian praktik menulis makna pegon, tes identifikasi untuk penilaian praktik membaca makna pegon, dan tes simulasi untuk penilaian praktik menghafalkan ayat Al-qur’an dan hadis pada materi pelajaran. (3) kendala dan solusi pelaksanaan evaluasi aspek psikomotorik siswa kelas X pada metode bandongan dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadits (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo) yakni kendalanya ialah banyak dari siswa yang belum menguasai ilmu literasi tulis dan membaca arab pegon sehingga hal itu menghambat siswa ketika pelaksanaan evaluasi aspek pskomotorik. Disini guru belum memberikan solusi agar kendala tersebut dapat teratasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:12
Last Modified: 04 Jun 2021 04:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15238

Actions (login required)

View Item View Item