Tinjauan Etika Bisnis Islam Pada Jual Beli Ikan Lele Di Pemancingan Desa Bangunsari Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Rokhim, Muhammad Faizin Abdul (0002) Tinjauan Etika Bisnis Islam Pada Jual Beli Ikan Lele Di Pemancingan Desa Bangunsari Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210214267_MUHAMMADFAIZINABDULROKHIM_HES[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rokhim, M. Faizin Abdul. 2021, Tinjauan Etika Bisnis Islam Pada Jual Beli Ikan Lele Di Pemancingan Desa Bangunsari Kecamatan Dholopo Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbung: Sofwatul Aini, M.SI
Kata kunci: Etika Bisnis Islam Dan Jual Beli Ikan.
Di dalam etika bisnis jual beli, pedoman pokok menjalankan bisnis adalah al-quran dan hukum masyarakat. Salah satu praktik mengenai bisnis adalah jual beli ikan lele merupakan pemancingan di Kelurahan Bangunsari yang melakukan kegiatan bisnis sesuai aksioma standar yang ditetapkan peneliti muslim. Hal itu pemilik lakukan untuk menjaga kualitas bisnis yang jelas berbeda kualitasnya dengan bisnis yang tidak berpedoman pada agama dan hukum masyarakat. Sehingga dengan melakukan kegiatan tersebut usaha bisnis terbut tetap berjalan dengan baik.
Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yakni, bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap jual beli ikan lele di Kelurahan Bangunsari dan Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penetapan harga dalam jual beli ikan lele di pemancingan kel. Bangunsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dalam kancah kehidupan

sebenarnya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yakni penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan metode induktif, yakni proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan (berupa data lapangan) yang kemudian dianalisis, ditafsirkan dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan berdasarkan pada data lapangan tersebut. Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa dalam system dan proses jual beli ikan lele di pemancingan kelurahan Bangunsari sesuai dengan prinsip dasar etika bisnis Islam, sebab pedagang ikan benar menerapkan sesuai kaidah terbukti selaras dengan hukum islam dan masyarakat yang berlaku. Selain itu dalam penetapan harga pedagang ikan tidak melalaikan beberapa prinsip etika bisnis Islam dan etika penetapan harga. Meski tidak semua pedagang dapat melakukan hal tersebut tetapi tidak sedikit pedagang yang lalai akan prinsip etika bisnis tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:53
Last Modified: 04 Jun 2021 04:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15233

Actions (login required)

View Item View Item