..(SURAT KET. BEBAS PINJAM TIDAK PERLU DILAMPIRKAN, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN AGRESIVITAS REMAJA USIA 13-18 TAHUN DI DUSUN III DESA SIWALAN KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO

ERPIYANI, RISMA (2021) ..(SURAT KET. BEBAS PINJAM TIDAK PERLU DILAMPIRKAN, UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG)..HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN AGRESIVITAS REMAJA USIA 13-18 TAHUN DI DUSUN III DESA SIWALAN KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
RISMA ERPIYANI_BPI_211516013.docx

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Erpiyani, Risma. 2021. Hubungan Kontrol Diri Dengan Agresivitas Remaja Usia 13-18 Tahun di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen pembimbing, Mayrina Eka Prasetyo Budi., M.Psi.

Kata Kunci: Kontrol Diri, Agresivitas, Remaja

Kecenderungan meningkatnya agresivitas remaja di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Agresivitas remaja yang semula hanya sindiran dan unggahan foto yang mengarah kepada tindakan-tindakan agresivitas, seperti berkata kasar, menghina secara langsung, mencubit, perkelahian dan lain sebagainya. Kasus agresivitas remaja tersebut merupakan bentuk dari agresi yang disebabkan karena kurangnya kontrol diri pada individu. Agresivitas merupakan stimulus individu yang memberikan respon yang tidak menyenangkan terhadap orang lain. Kontrol diri merupakan kemampuan individu untuk menentukan perilaku individu berdasarkan standar tertentu, seperti moral, nilai, dan aturan yang ada, agar mengarah kepada hal yang positif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, yaitu: (1)Tingkat kontrol diri remaja usia 13-18 tahun di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo, (2)Tingkat agresivitas remaja usia 13-18 tahun di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo, (3) Hubungan kontrol diri dengan agresivitas remaja di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menyebar angket dalam bentuk hard file dan melalui via telephone dan observasi, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan terdapat: (1) Tingkat kontrol diri remaja dalam kategori sedang dengan nilai persentase 82,5%, (2) Tingkat agresivitas remaja dalam kategori sedang nilai persentase 67,5%, (3) Tidak terdapat hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas remaja usia 13-18 tahun di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan menggunakan SPSS yaitu diketahui nilai〖 r〗_(hitung )=0,107 dan nilai r_tabel=0,312, sehingga Ha ditolak dan Ho diterima artinya tidak terdapat hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas remaja usia 13-18 Tahun di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MAYRINA EKA PRASETYO BUDI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:07
Last Modified: 04 Jun 2021 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/15232

Actions (login required)

View Item View Item